Ini Penyebab Angka Kecelakaan Bus Menurun

Ini Penyebab Angka Kecelakaan Bus Menurun
Bus di Terminal Pulogadung, Jakarta saat arus balik 2016. Foto Ricardo/jpnn

jpnn.com - JAKARTA - Jumlah kecelakaan yang melibatkan bus pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016, menurun dibanding tahun sebelumnya.

Dari data Korlantas Polri, kendaraan bermotor mulai H-6 sampai dengan, Kamis (14/7), jumlah kecelakaan yang melibatkan bus sebanyak 148 kejadian.

"Jumlah ini menurun 41 persen dibanding tahun lalu, yaitu sebanyak 249 kejadian kecelakaan," ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Pudji Hartanto di Jakarta, Kamis (14/7).

Menurut Pudji, ada beberapa faktor yang menyebabkan menurunnya jumlah kecelakaan bus pada tahun ini. Pertama, yakni adanya instruksi dari Menteri Perhubungan Ignasius Jonan untuk melakukan pemeriksaan kelaikan atau ramp check secara menyeluruh terhadap bus.

“Kami melakukan ramp check terhadap bus-bus AKAP, yang menjadi tanggung jawab Kemenhub. Dari total 14 ribu bus, kami berhasil melakukan ramp check sebanyak kurang lebih 10 ribu bus AKAP,” jelas Pudji.

Sementara faktor lainnya, yakni karena menurunnya jumlah penumpang angkutan bus pada tahun ini. Tercatat, jumlah penumpang bus pada tahun ini sebesar hanya sekitar 4,2 juta orang.

Atau menurun 12,29 persen dibanding tahun lalu, yang jumlah penumpangnya mencapai sekitar 4,8 juta orang. (chi/jpnn)


JAKARTA - Jumlah kecelakaan yang melibatkan bus pada penyelenggaraan Angkutan Lebaran 2016, menurun dibanding tahun sebelumnya. Dari data Korlantas


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News