JPNN.com

Indonesia Diuntungkan Kemenangan Filipina

Kamis, 14 Juli 2016 – 23:59 WIB Indonesia Diuntungkan Kemenangan Filipina - JPNN.com

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Tantowi Yahya menyambut baik putusan Mahkamah Arbitrase Internasional yang memenangkan Filipina dan mengalahkan klaim sepihak Republik Rakyat Tiongkok terhadap kawasan laut China Selatan.

"Meski bukan bagian dari negara yang bersengketa, tapi putusan tersebut berdampak posisif kepada kita karena sembilan garis titik-titik itu juga masuk perairan Indonesia di Natuna," kata Tantowi, di Gedung DPR, Senayan Jakarta, menyikapi putusan Mahkamah Arbitrase Internasional terkait sengketa laut Cina Selatan.

Menurut politikus Partai Golkar ini, meski Indonesia tidak menggugat seperti Filipina, putusan ini juga sudah mewakili kepentingan Indonesia. "Keluarnya putusan tersebut, akan membawa ketenangan di perairan tersebut sekaligus juga membawa dan menciptakan kondusifitas di antara negara ASEAN terhadap Cina," tegasnya.

Bagi Indonesia lanjutnya, ketika ada pelanggaran oleh nelayan Cina yang masuk ke wilayah yang selama ini di klaim milik Tiongkok, maka Bakamla bisa menindaknya. "Dasar menindaknya apa?, putusan Mahkamah Arbitrase Internasional tersebut," pungkasnya.(fas/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...