JPNN.com

Ini Penyebab Masyarakat Makin Berani Mengkritik Polri

Selasa, 02 Juli 2019 – 16:35 WIB Ini Penyebab Masyarakat Makin Berani Mengkritik Polri - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan mengucapkan selamat kepada seluruh jajaran Polri, yang berulang tahun ke-73 pada Senin (1/7) kemarin.

Menurut Edi, di usia ke-73 tahun, sudah banyak prestasi dan capaian yang diraih kepolisian dalam pengabdian di tengah masyarakat. Termasuk dari sisi reformasi Polri, juga sudah sangat dirasakan masyarakat. Polisi semakin matang dan semakin profesional dalam tugas. Sejak beberapa tahun terakhir, Polri banyak perubahan dan pembenahan ke arah yang lebih baik.

"Hasil survei salah satu media cetak nasional menyebutkan, sebanyak 73,6 persen masyarakat puas dengan kinerja kepolisian menangani kasus terorisme. Kemudian 70,5 persen masyarakat puas dengan penanganan kejahatan kriminal dan masyarakat puas polisi menangani SARA sebesar 64.6 persen," ujar Edi di Jakarta, Selasa (2/7).

Mantan komisioner Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) ini membenarkan, di tengah upaya Polri terus berbenah, sebagian masyarakat tetap menilai kinerja mereka belum maksimal. Masyarakat menginginkan pasukan baju coklat itu terus meningkatkan kinerja dan profesionalisme.

"Harapan masyarakat terhadap Polri begitu tinggi. Keinginan itu tentu akan menjadi bahan renungan buat seluruh jajaran Polri. Tetapi memang harus dipahami, tidak mungkin semua masyarakat Indonesia yang jumlahnya 250 juta jiwa puas terhadap kinerja Polri," ucapnya.

BACA JUGA: Pernah Garap Novel Baswedan, Perwira Polri Ini Dinilai Tak Layak Pimpin KPK

Pemegang gelar doktor hukum ini lebih lanjut mengatakan, harapan masyarakat di seluruh dunia terhadap polisi sama, menginginkan agar dapat bekerja dengan cepat, tepat dan selalu benar. Polisi tidak boleh salah dan tindakannya harus sesuai aturan hukum.

Harapan masyarakat tersebut, secara perlahan mulai diwujudkan oleh Polri yang kini di bawah kepemimpinan Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Di tengah tugas berat yang ada, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri, kata Edi, terus meningkat dari tahun ke tahun.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...