Ini Penyebab Minimnya Fakultas Kedokteran Terakreditasi A

Ini Penyebab Minimnya Fakultas Kedokteran Terakreditasi A
Mahasiswa kedokteran. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, PALEMBANG - Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir menyampaikan, ada tiga faktor yang menyebabkan Fakultas Kedokteran dengan akreditasi A jumlahnya sedikit. Di antaranya kualitas sumber daya manusia atau dosen, dukungan laboratorium, dan infrastruktur.

"Itu sebabnya dedang dibangun sistem untuk meningkatkan kualitas pendidikan kedokteran dan pelayanan kesehatan, salah satunya melalui pembangunan infrastruktur," kata Menteri Nasir saat menghadiri penyerahan hibah lahan tanah untuk gedung baru Fakultas Kedokteran Universitas Sriwijaya (Unsri) di RSUD Sumatera Selatan, Palembang, Sabtu (12/5).

Pada acara tersebut, Pemprov Sumatera Selatan menyerahkan lahan seluas 1,7 Ha kepada Kemenristekdikti. Lahan tersebut nantinya akan digunakan untuk pembangunan gedung Fakultas Kedokteran Unsri yang lokasinya berdekatan dengan RSUD Provinsi Sumatera Selatan yang rencananya beberapa bulan lagi akan diresmikan.

"Saya sangat mengapresiasi bantuan hibah lahan dari Pemprov Sulsel karena ini merupakan bentuk kontribusi dan kolaborasi pemda bagi pengembangan pendidikan tinggi," ujar Nasir.

Dia juga berharap untuk meningkatkan kolaborasi antara pemerintah pusat dengan daerah dalam berbagai bidang. Hal ini demi meningkatkan mutu kualitas pendidikan tinggi melalui penyediaan infrastruktur yang memadai. (esy/jpnn)

 


Jumlah Fakultas Kedokteran dengan akreditasi A sangat sedikit, antara lain karena kurangnya SDM atau dosen.


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News