Ini Penyebab Puluhan Penumpang AirAsia Salah Masuk Terminal

Ini Penyebab Puluhan Penumpang AirAsia Salah Masuk Terminal
AirAsia Indonesia. Foto dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Denpasar, Yusfandri Gona menjelaskan, penyebab salahnya puluhan penumpang AirAsia yang masuk ke terminal domestik di Bandara I Gusti Ngurah Rai, pada Senin (16/5) malam. Padahal, penumpang landing dari Singapura, yang harusnya keluar melalui terminal inetrnasional, untuk dilakukan pemeriksaan imigrasi.  

"Hasil investigasi sementara diperoleh fakta bahwa, Ramp Leader Indonesia Air Asia telah melakukan internal briefing sesuai SOP, 10 menit sebelum pesawat QZ 509 landing kepada pengemudi untuk memastikan bahwa pesawat tersebut berasal dari Singapura dan diturunkan di kedatangan internasional," ujar Yusfandri.

Namun, dari komunikasi itu terjadi mis komunikasi di lapangan, antara sopir bus APB dengan pihak flight controller. Sehingga menyebabkan, puluhan penumpang AirAsia sempat salah dibawa ke terminal domestik.

"Kekeliruan penurunan penumpang dimaksud disebabkan oleh keraguan dan mis komunikasi antara sopir bus APB dengan flight controller pada saat proses penumpang dinaikkan ke dalam bus," tandas Yusfandri dalam siaran persnya, Rabu (18/5).

Kini, semua penumpang penerbangan QZ 509 AirAsia Indonesia, termasuk 48 penumpang telah melalui immigration clearance. (chi/jpnn)  

 



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News