JPNN.com

Ini Peran Orang Tua dan Sekolah Bagi Atlet Esports Potensial

Minggu, 06 September 2020 – 01:35 WIB
Ini Peran Orang Tua dan Sekolah Bagi Atlet Esports Potensial - JPNN.com
Giring Ganesha dalam jumpa pers Piala Menpora Esports 2020. Foto: dok. IESPL

jpnn.com, JAKARTA - Peran orang tua dan sekolah dinilai sangat penting dalam memberi dukungan sekaligus pengawasan terhadap generasi muda yang menggemari game online.

Sebab, selain bisa mencegah dampak buruk dari bermain game, juga menjadi bagian dalam proses pembinaan bagi atlet esports potensial.

Kepala Bidang Olahraga Prestasi Internasional  Kemenpora Jenal Aripin mengatakan, esports layaknya cabang olahraga lainnya, untuk mencetak atlet berprestasi harus ditekuni dengan baik dan berlatih disiplin sejak usia muda.

“Anak-anak muda yang menekuni esports, sama seperti bidang-bidang lainnya, harus punya keseimbangan. Peran orang tua dan sekolah juga sangat penting. Harus dinamis bagaimana mengarahkan ke hal-hal yang positif, lalu pertegas regulasi dalam lingkup rumah dan sekolah,” kaya Jenal Aripin, dalam bincang media dengan tema “Esports bagi Pelajar: Sinergi Peran Orang Tua dan Dukungan Sekolah”.

Kegiatan yang digelar secara virtual oleh Kemenpora dan Indonesia Esports Premiere League (IESPL) ini  merupakan bagian dari rangkaian kejuaraan Piala Menpora Esports 2020 Axis..

Ia menambahkan, bimbingan yang tepat dari lingkup orang tua dan sekolah berkontribusi dalam proses melahirkan atlet-atlet esports berprestasi.

“Untuk mencetak atlet berprestasi itu ada proses. Mulai dari pemanduan bakat, kemudian identifikasi bakat atau memutuskan mana yang sekadar hobi mana yang bisa diarahkan prestasi,” ujarnya.

Psikolog klinis Ghea Amalia Arphandy menjelaskan, orang tua dan sekolah yang merupakan ekosistem tumbuh kembang anak menjadi kunci untuk memaksimalkan dampak positif dan memutus dampak buruk bermain game bagi anak muda.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo