Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang, Patut Dicoba

Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang, Patut Dicoba
Menu makanan Kedai Nasi Kapau Mintuo. Foto: Istimewa

jpnn.com, JAKARTA - Selain nasi Padang, kuliner khas Sumatera Barat yang wajib dicicipi adalah nasi Kapau. Kuliner asal tanah Minang ini terdiri dari nasi, sambal, dan aneka lauk pauk khas Kapau.

Bagi sebagaian orang yang paham, restoran Padang dan restoran nasi Kapau ternyata jauh berbeda. Hal yang mendasar adalah dari segi menu dan penyajiannya.

Di restoran Padang biasanya menu makanan langsung dihidangkan di meja. Sedangkan di restoran nasi Kapau, pengunjung biasanya memilih menu langsung di etalase.

“Perbedaan restoran Padang dan restoran nasi Kapau adalah dari jenis sayuran yang disajikan. Restoran nasi kapau, ada hidangan sayur yang bahan dasarnya kol, nangka, dan kacang panjang. Kuah gulainya berwarna kuning, dan ada cita rasa sedikit asam. Itu yang otentik,” kata Arifin, manajer Kedai Nasi Kapau Mintuo di kawasan Pacenongan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Ini Perbedaan Nasi Kapau dan Nasi Padang, Patut Dicoba
Arifin, manajer Kedai Nasi Kapau Mintuo dan pegawai memperlihatkan menu nasi Kapau.

Meski banyak yang menganggap nasi Kapau sebagai nasi Padang, namun keduanya memiliki perbedaan. Nasi Kapau memiliki menu yang jauh lebih lengkap dibanding nasi Padang. Selain itu, konon yang membuat rasa nasi Kapau lebih lezat yaitu, semua daging-dagingan, mulai dari ayam, kikil, ikan hingga sapi dibakar terlebih dahulu. 

“Selain itu, gulai Kapau disantap bersama satu lauk. Tinggal pilih apakah olahan ikan, ayam, daging, atau hidangan khas Kapau lainnya yakni rendang ayam," lanjut Arifin.

Menurut Arifin, Kedai Nasi Kapau Mintuo yang baru dibuka belum lama ini, memang berbeda dengan kedai nasi Kapau pada umumnya. Ada 40 menu yang ditawarkan Kedai Mintuo ini. Beberapa yang jadi favorit, di antaranya tambunsu, rendang, ayam pop, dan masih banyak lagi. Kamu bisa memilih sendiri berbagai menu yang disajikan secara prasmanan. 

Selain nasi Padang, kuliner khas Sumatera Barat yang wajib dicicipi adalah nasi Kapau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News