Ini Peringatan Rizal Ramli bagi Pejabat yang Suka Ekspor Migas

Ini Peringatan Rizal Ramli bagi Pejabat yang Suka Ekspor Migas
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli mengatakan Tuhan memberkati Maluku dengan kekayaan sumber daya alam yang melimpah. Soal ikan misalnya, menurut Rizal, satu di antara tiga ikan di Indonesia pasti berasal dari Maluku. Masalahnya, rakyat Maluku nyaris tidak mendapat apa-apa dari kekayaannya itu.

ang lebih luar biasa lagi, di Maluku ditemukan sumber minyak dan gas. Satu diantaranya Blok Masela dengan cadangan gas sangat besar sehingga dikenal sebagai blok gas abadi. Bahkan, ke depan ujar Rizal, akan ditemukan lagi Blok Migas di Maluku dalam jumlah tidak terhingga.

“Kalau ini dikelola dengan baik, Migas di Maluku akan mengalahkan Qatar. Rakyat Maluku harus mendapat manfaat yang adil dari kekayaan alam. Kita harus ubah paradigma pengelolaan Migas,” kata Rizal Ramli usai menerima sekitar 20 orang Tokoh Maluku, yang diinisasi oleh Dipl Oek Engelina Pattiasina, di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Sumber Daya, di Jakarta, Rabu (7/10).

Karena itu, Rizal Ramli mengingatkan para pejabat terkait harus mengubah paradigmanya dalam menyikapi Blok Gas Abadi Masela yang selama ini mengutamakan ekspor ketimbang kekayaan alam untuk kesejahteraan rakyat.

“Blok Gas Abadi Masela harus menjadi momentum perubahan paradigma. Pengelolaan Blok Migas khusus di Maluku harus menguntungkan rakyat dan kawasan timur akan mendapat manfaat dari semua itu,” pungkasnya.(fas/jpnn)


JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli mengatakan Tuhan memberkati Maluku dengan kekayaan sumber daya alam


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News