Ini Pesan Irman Gusman untuk Riza Chalid

Ini Pesan Irman Gusman untuk Riza Chalid
Irman Gusman/ Dok JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman mengatakan siapa pun yang diminta hadir oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR, wajib untuk dipenuhi. Tak terkecuali Muhammad Riza Chalid, yang diduga ikut dalam percapakan Papa Minta Saham.

"Oh iya dong, siapapun yang diundang MKD harus hadir. Kalau tidak, ada sanksinya. Bisa dipanggil paksa, MKD bisa minta bantuan polisi untuk menghadirkan Muhammad Riza Chalid, tentu setelah tiga kali dipanggil MKD," kata Irman Gusman, di Gedung Nusantara III, kompleks Parlemen, Senayan Jakarta, Jumat (4/12).

Kalau orang yang dimintai datang oleh MKD tersebut sedang berada di luar negeri, maka Polri ujar Irman, juga bisa minta bantuan Interpol. "Itu berlaku kalau Muhammad Riza Chalid sudah tiga kali dipanggil tapi tidak datang," tegas senator dari Sumatera Barat ini.

Dijelaskan Irman, MKD merupakan forum untuk klarifikasi Riza. "Jangan merasa dia seperti tertuduh. Ini kan bukan konteks pengadilan pidana. Kenapa dia harus khawatir tidak hadir, tidak diapa-apain. Tidak ada sanksinya kok untuk orang itu. Kan MKD hadir untuk menjaga etika anggotanya. Riza bukan anggota Dewan," kata Irman Gusman.

Lagi pula ujar Irman, perbuatannya belum terjadi. "Ini material of ethic. Itu saja. Menurut saya tidak ada alasan Riza untuk takut. MKD hanya butuh keterangan, soal etika kok," pungkas Irman Gusman.(fas/jpnn)


JAKARTA - Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Irman Gusman mengatakan siapa pun yang diminta hadir oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News