Ini Pesan Nadiem Makarim kepada Penerima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah

Ini Pesan Nadiem Makarim kepada Penerima Beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah
Sebanyak 200 pelajar dari daerah khusus di enam provinsi mengikuti pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara pada 13 - 16 Juli 2023. Foto Humas Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Sebanyak 200 pelajar dari daerah khusus di enam provinsi mengikuti pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara pada 13 - 16 Juli 2023.

Mereka adalah penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) yang akan mulai menjalani jenjang pendidikan menengah, baik SMA atau SMK tahun ajaran 2023/2024 di ibu kota masing-masing provinsi, yakni Banda Aceh, Pekanbaru, Padang, Kupang, Manado, dan Pontianak.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan para pelajar penerima beasiswa ADEM merupakan siswa terpilih.

"Kesempatan berharga ini tidak didapatkan oleh semua pelajar di Indonesia. Manfaatkanlah kesempatan ini semaksimal mungkin, terlebih pembelajaran di sekolah sudah jauh menyenangkan dengan Kurikulum Merdeka,” pesan Mendikbudristek dalam penutupan pembekalan bagi penerima Beasiswa ADEM, secara daring, di BPMP Provinsi Aceh, Minggu (16/7).

Melalui kurikulum yang pembelajarannya berbasis proyek tersebut, kata Nadiem Makarim, siswa tidak hanya belajar teori di dalam kelas, tetapi juga diajak menerapkan dalam praktik yang bisa dilakukan di mana pun. 

Selain itu, untuk siswa SMK, prosesnya lebih relevan dengan dunia industri dan dunia kerja. Hal itu dilakukan dengan tidak hanya fokus pada praktik, tetapi juga dibekali pengetahuan soft skill yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. 

“Semua itu akan menjadi bekal berharga bagi adik-adik semua untuk membangun karir di masa depan sesuai dengan minat dan ketertarikan masing-masing,” ujarnya.

Kepada para pelajar, Menteri Nadiem menyampaikan perjalanan tiga tahun di SMA/SMK adalah saatnya bagi para pelajar penerima beasiswa ADEM untuk menorehkan prestasi sebanyak mungkin. Saat ini, sudah banyak peluang beasiswa untuk jenjang S-1 yang bisa diikuti, antara lain Beasiswa Indonesia Maju, Beasiswa LPDP, dan Kartu Indonesia pintar (KIP). 

Ini pesan Nadiem Makarim kepada 200 siswa penerima beasiswa Afirmasi Pendidikan Menengah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News