JPNN.com

Ini Rahasia Mudah Hidup Sehat dan Panjang Umur

Minggu, 20 Oktober 2019 – 18:10 WIB Ini Rahasia Mudah Hidup Sehat dan Panjang Umur - JPNN.com

jpnn.com - Memperbanyak makan sayur dan buah adalah anjuran medis yang mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Lantas, apakah Anda sudah melaksanakannya? Jika belum, segerakan! Pasalnya, sudah bukan rahasia lagi bahwa sayur dan buah mengandung serat, yang sangat baik untuk menunjang kesehatan tubuh dan memperpanjang umur.

Faktanya, para ilmuwan telah lama mengetahui bahwa makan serat adalah langkah awal untuk hidup sehat dan panjang umur. Ini karena serat telah terbukti bisa memberikan beragam manfaat sebagai berikut:D

Dari penyakit kronis

Banyak penelitian telah mengaitkan diet tinggi serat dengan kehidupan panjang umur dan lebih sehat. Zat ini telah dikaitkan dengan fungsi perlindungan terhadap penyakit dan mengurangi risiko berbagai kondisi kronis, termasuk diabetes tipe 2, alergi makanan, bahkan peradangan sendi atau artritis. 

Dalam sebuah penelitian juga dikatakan bahwa orang-orang Uganda yang mengonsumsi makanan nabati mengandung serat tinggi terhindar dari jenis penyakit umum yang mudah menyerang bangsa Eropa dan Amerika. Selain itu, penelitian pada akhir tahun 80-an menemukan bahwa populasi di pedesaan Jepang yang berumur panjang memiliki kebiasaan diet tinggi serat.

Mengundang mikroba atau bakteri baik bagi pencernaan

Sebuah penelitian pada 2017 menemukan bukti pentingnya serat. Zat gizi ini sangat terkait dengan perkembangan bakteri baik dalam usus manusia.

Semakin banyak bakteri baik yang ada di dalam usus, semakin tebal pula dinding mukosa usus. Ini membuat tubuh lebih terlindungi dari bahaya bakteri jahat yang ada di sekitarnya.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...