Ini Rencana Jokowi untuk Menggenjot Jumlah Pengunjung Taman Nasional Bunaken

Ini Rencana Jokowi untuk Menggenjot Jumlah Pengunjung Taman Nasional Bunaken
Presiden Jokowi bersama rombongan menikmati keindahan alam Bunaken. Foto: Biropers

jpnn.com - Presiden Joko Widodo alias Jokowi bersama Ibu Negara Iriana menyambangi Taman Nasional Bunaken, di sela-sela kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (5/7).

"Saya ingin melihat lapangan di mana ada potensi-potensi yang bagus untuk pariwisata. Tapi memang ini adalah area konservasi yang juga harus (dikelola dengan) hati-hati," ucap Jokowi di Dermaga Bunaken.

Kepala Negara dan rombongan bertolak menuju lokasi yang dikenal memiliki keindahan bawah laut dan kaya akan keanekaragaman hayati tersebut, menaiki kapal Bunaken Crystal 7 dari dermaga di sekitar hotel tempatnya menginap.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 45 menit, rombongan tiba di Dermaga Bunaken dan berganti kapal khusus yang dilengkapi ruang bawah untuk menuju laut lepas. Dengan fasilitas itu, penumpangnya bisa menikmati kecantikan ikan-ikan tropis serta terumbu karang di salah satu perairan di tempat dengan biodiversitas tertinggi di dunia.

BACA JUGA: FHI Desak Masalah Honorer Masuk Prioritas 100 Hari Kerja Jokowi

Jokowi yang terkesima dengan keindahan bawah laut Bunaken, berharap kekayaan alam tersebut terus dirawat dan dipelihara dengan baik. Bahkan, lokasi itu menurutnya bisa menjadi salah satu kekuatan pariwisata terbesar di Sulawesi Utara di masa mendatang.

"Saya kira ini potensi yang sangat baik, tapi memang harus dirawat dan dijaga jangan sampai sampah plastik masuk ke sini. Dulu banyak, sekarang tadi saya lihat sudah (bersih) karena rutin dari pemerintah daerah selalu membersihkan sampah-sampah lautnya," ujarnya.

Mantan gubernur DKI Jakarta itu juga menyebutkan bahwa pemerintah pusat akan membantu agar kawasan wisata tersebut lebih tertata dan terintegrasi. Sebab dia meyakini dengan pembangunan infrastruktur pendukung, destinasi itu akan lebih banyak dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi bersama Ibu Negara Iriana menyambangi Taman Nasional Bunaken, di sela-sela kunjungan kerjanya di Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (5/7).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News