Ini Respons Raja Salman pada 28 Tokoh Lintas Agama

Ini Respons Raja Salman pada 28 Tokoh Lintas Agama
Raja Salman bin Abdulziz al-Saud. Foto: AFP

jpnn.com - jpnn.com - Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bertemu dengan sejumlah tokoh lintas agama di tempatnya menginap, Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Jumat (3/3). Presiden Joko Widodo juga turut hadir pada pertemuan yang diikuti 28 tokoh lintas agama itu.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut mendampingi Presiden Jokowi pada pertemuan itu mengatakan, Raja Salman menyampaikan kesannya setelah tiga hari berada di Jakarta. "Beliau melihat Indonesia negara yang stabil baik di bidang politik dan ekonomi," kata Retno dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta Pusat Jumat (3/3).

Raja Salman juga menyinggung pentingnga dialog antar-umat beragama untuk memperkuat toleransi dan negara, serta upaya memerangi radikalisme dan ekstremisme. Sebab, stabilitas suatu negara dapat tercipta karena adanya toleransi dan harmoni antar umat beragama.

Sementara Presiden Jokowi mengaku memiliki para pembantu di kabinet yang berbeda agama. Selain itu, Jokowi juga menuturkan bahwa para tokoh yang hadir pada pertemuan itu juga dari berbagai agama.

"Presiden menyampaikan bahwa kehadiran wakil-wakil tersebut adalah merepresentasikan kemajemukan yang ada di Indonesia dan merupakan pilar bagi terciptanya harmoni yang menjadi stabilitas di indonesia," ucap dia.

Retno menuturkan, para tokoh agama yang hadir menyampaikan pesan dan kesan kepada Raja Salman. “Dapat kami simpulkan, pertama sambutan yang sangat baik atas inisiatif presiden untuk mengadakan pertemuan antara Raja Arab dengan tokoh lintas agama," ungkap dia.

Selanjutnya, kata Retno, pertemuan itu juga menunjukkan kearifan dan kebijaksanaan kedua pemimpin untuk mendorong terciptanya kerukunan umat beragama.(mg4/jpnn)

Berikut nama tokoh lintas agama yang hadir dalam pertemuan dengan Raja Salman;

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud bertemu dengan sejumlah tokoh lintas agama di tempatnya menginap, Hotel Raffles, Jakarta Selatan, Jumat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News