Rabu, 21 November 2018 – 03:15 WIB

Ini Riwayat Perjuangan Pahlawan Nasional Kasman Singodimejo

Sabtu, 10 November 2018 – 10:57 WIB
Ini Riwayat Perjuangan Pahlawan Nasional Kasman Singodimejo - JPNN.COM

jpnn.com - Satu dari enam tokoh yang dianugerahi gelar Pahlawan Nasional oleh pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada Kamis (8/11), adalah Alm Mr Kasman Singodimedjo, dari Provinsi Jawa Tengah.

Dalam catatan yang dikutip dari buku "Profil Penerima Gelar Pahlawan Nasional Dalam Rangka Acara Hari Pahlawan Tahun 2018" yang dirangkum Kementerian Sosial RI, Kasman pernah menjabat penghulu, carik (sekretaris desa), dan polisi pamong praja di Lampung Tengah.

Dia merupakan tokoh kelahiran Purworedjo, Jawa Tengah pada 25 Februari 1904 dan wafat di Jakarta, 25 Oktober 1982. Jenazahnya dimakamkan di pemakaman umum Tanah Kusir, Jakarta.

Semasa hidup, dia pernah mengeyam pendidikan di sekolah desa, hingga lembaga pendidikan bernama masa itu, antara lain Holland Indische School (HIS) di Kwitang, Jakarta.

Kemudian pindah ke HIS Kutoarjo, kemudian ke Meer Uitgebreid Lager Onderwijs (MULO) di Magelang. Bahkan sempat masuk School Tot Opleiding Voor Indische Artsen (STOVIA) di Jakarta.

Saat di STOVIA inilah dia mulai berorganisasi, dalam hal ini Jong Java. Bersama Syamsuridjal, Ki Musa al-Mahfudz, dan Suhodo, Kasman Singodimedjo mendirikan Jong Islamieten Bond (JIB) pada 1925. "Dia menjadi ketua umum JIB pada 1930-1935," dikutip dari buku tersebut.

Tidak menyelesaikan pendidikan di STOVIA, dia beralih ke Recht Hoge School (Sekolah Tinggi Hukum) Jakarta hingga memperoleh gelar Meester in Richter (Mr). Eksistensi Kasman sejak masa pergerakan nasional, masa pendudukan Belanda, hingga pascakemerdekaan sangat beragam, hingga beliau wafat pada 25 Oktober 1982.

Ternukil dari riwayat perjuangannya, Mr Kasman telah aktif dalam organisasi Muhamadiyah sejak masa mudanya. Sejak 1935, dia telah aktif dalam perjuangan pergerakan nasional, terutama di Bogor yang sekarang markasnya menjadi Museum Perjuangan Bogor.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar