Ini Syarat Tim Bisa Lolos dari Fase Grup Asian Games 2018

Ini Syarat Tim Bisa Lolos dari Fase Grup Asian Games 2018
Ilustrasi Asian Games 2018. Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 hanya diikui 24 tim. Jumlah ini berkurang dibandingkan dengan ajang yang sama pada edisi 2014 silam di Incheon, Korea Selatan, yang diikuti 29 tim.

Otomatis, dengan jumlah tim yang berkurang, grup pun dibagi menjadi enam dengan setiap grup berisi empat tim. Hanya, Asian Games menganut babak gugur yang panjang.

Tidak serta merta babak gugur langsung perempat final, panitia Asian Games Inasgoc tetap melanjutkan ke babak 16 besar.

Untuk itu, setiap grup bukan hanya juara dan runner-up yang lolos ke fase berikutnya. Tapi, empat tim peringkat tiga terbaik juga akan mendampingi lolos ke 16 besar.

Format inilah yang membuat peluang Indonesia lolos ke babak berikutnya tetap besar. Satu kemenangan dan dua kali hasil imbang saja, bisa jadi cukup bagi skuat Garuda untuk sekadar lolos ke-16 besar.

Dengan aturan ini pula, tim-tim unggulan di masing-masing grup juga berpeluang bertambah yang lolos ke babak 16 besar.

Di grup F misalnya, Arab Saudi, Iran, dan Korea Utara, tetap berpeluang melaju ke babak berikutnya sehingga menjaga kualitas pertandingan Asian Games 2018 ini. (dkk/jpnn)


Asian Games 2018 hanya diikui 24 tim. Jumlah ini berkurang dibandingkan dengan ajang yang sama pada edisi 2014 di Incheon, Korea Selatan, yang diikuti 29 tim.


Redaktur & Reporter : Muhammad Amjad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News