Ini Tiga Model Dinasti Politik di Indonesia

Ini Tiga Model Dinasti Politik di Indonesia
Ilustrasi: Pojoksatu

jpnn.com - jpnn.com - Banten mungkin adalah yang pertama kali muncul di benak masyarakat ketika mendengar kata dinasti politik. Namun, dinasti politik sebenarnya ada di seluruh penjuru tanah air.

Koordinator Komite Pemantauan Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) Robert Endi Jaweng menjabarkan, dinasti politik di Indonesia bisa dibagi menjadi tiga model.

Model pertama adalah dinasti politik regenerasi atau "arisan keluarga". Menurut Robert, model ini telah dilakukan oleh mantan Bupati Kediri Sutrisno.

Setelah lengser dari jabatan Bupati pada 2009 lalu, Sutrisno menyerahkan posisinya ke istri pertamanya Haryati Sutrisno. Kini Haryati sudah masuk ke periode kedua sebagai bupati.

Setelah Kediri, model regenerasi dalam dinasti politik juga terjadi Banten, Klaten, kemudian Cimahi bahkan secara umum model ini terjadi di berbagai wilayah Indonesia.

"Kediri model dinasti regenerasi pertama dan terlama di Indonesia," kata Robert dalam diskusi bertajuk 'Korupsi dan Politik Dinasti' di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (7/1).

Model dinasti politik kedua adalah lintas kamar dengan lintas cabang kekuasaan. Model seperti ini, kata Robert terjadi di Aceh.

"Model lintas kekuasaan ini contohnya, kakak menjadi bupati di daerah tertentu sang adik jadi ketua DPRD dan anggota keluarga lainnya memengang posisi kepala dinas yang strategis di daerah kakaknya," ujar Robert.

 Banten mungkin adalah yang pertama kali muncul di benak masyarakat ketika mendengar kata dinasti politik. Namun, dinasti politik sebenarnya

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News