Ini Tiga Tokoh dari Kalangan Profesional yang Diprediksi Menjadi Menteri Jokowi

Ini Tiga Tokoh dari Kalangan Profesional yang Diprediksi Menjadi Menteri Jokowi
Jokowi dan Ma'ruf Amin. Foto: Rahmat/Humas

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin menilai hanya segelintir tokoh dari kalangan profesional yang bakal terpilih menjadi menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin.

Ujang memprediksi, tiga tokoh dari kalangan profesional yang kini menjabat menteri akan kembali masuk di kabinet Jokowi untuk periode kedua memimpin Indonesia.

"Mungkin Pak Pratikno, ya. Beliau kan juga dari dosen. Beliau kan orang dekatnya Pak Jokowi. Dia kenal dekat dengan Pak Jokowi," kata Ujang saat dihubungi JPNN.com, Selasa (9/7).

BACA JUGA: 2 Politikus Demokrat Lebih Pantas Jadi Menteri Daripada AHY

Selain Pratikno, Ujang menyebut sosok Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) itu menilai Ignasius Jonan dan Sri Mulyani masih diandalkan Jokowi di kabinet periode pertama. "Pak Jonan juga bisa jadi menteri. Kemudian Bu Sri Mulyani juga bisa. Karena Bu Sri ini sangat dibutuhkan Pak Jokowi. Saya rasa keduanya masih akan terpakai oleh Pak Jokowi," ungkap dia.

BACA JUGA: Grace Natalie Masuk Bursa Menteri, Ananda Sukarlan: Cocok Banget

Di sisi lain, Ujang menyoroti kemungkinan sedikitnya tokoh dari kalangan profesional menjabat menteri di kabinet Jokowi. Porsi menteri kabinet kedua bakal banyak diisi kalangan partai. Apalagi, kata dia, beberapa partai pendukung Jokowi sudah mendorong sejumlah kadernya menjadi menteri.

Tiga tokoh dari kalangan profesional yang diprediksi akan kembali masuk di kabinet Jokowi yakni Pratikno, Ignasius Jonan, dan Sri Mulyani

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News