Ini Titik Rawan Banjir di Kota Bandung versi Polisi

Ini Titik Rawan Banjir di Kota Bandung versi Polisi
Kendaraan mengantre melintasi genangan banjir yang terjadi di Jalan Soekarno Hatta kawasan Gedebage, Kota Bandung, Rabu (25/12). Foto: ANTARA/Bagus Ahmad Rizaldi

jpnn.com, BANDUNG - Menghadapi puncak musim hujan yang diprediksi akan terjadi hingga Februari 2020, Polrestabes Bandung bersama instansi pemerintahan lainnya telah memetakan titik rawan banjir di wilayah Kota Bandung.

"Titik rawan banjir itu ada lima titik, yaitu di kawasan Pagarsih, Gedebage, Pasteur, Rancasari, Padasuka Cicaheum. Terutama aliran Sungai Citepus, sekitaran Cidadap," kata Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Irman Sugema di Polrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung, Selasa.

Dalam pelaksanaan siaga banjir itu, Polrestabes Bandung akan dibantu oleh Brimob Polda Jabar yang menurunkan dua pertiga kekuatan personel kemudian akan bersinergi dengan Pemerintah Kota Bandung, serta TNI.

"Kami beserta instansi terkait merumuskan langkah-langkah jangka pendek, antara TNI dan Polri, maupun instansi lainnya untuk sama-sama melihat beberapa titik rawan banjir di Kota Bandung," katanya.

Dia menyebut telah menginstruksikan kepada personelnya di kewilayahan agar melakukan sosialisasi untuk masyarakat terkait antisipasi bencana banjir. Selain polisi, sosialisasi itu akan dibantu Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung.

"Diharapkan, kami bersama masyarakat dapat meminimalisasi terjadinya bencana banjir yang bisa menimbulkan korban jiwa," kata dia.

Sementara itu, Kepala BMKG Bandung Tony Agus Wijaya mengimbau kepada masyarakat agar tetap siaga meski sejak beberapa waktu lalu Kota Bandung tidak diguyur hujan.

Menurut dia hujan tidak terjadi karena ada perubahan pola angin akibat badai tropis di wilayah Timur yang berdekatan dengan Australia. Maka dari itu masyarakat tetap ia minta untuk siaga perubahan cuaca.

Polrestabes Bandung mencatat titik rawan banjir di kawasan Pagarsih, Gedebage, Pasteur, Rancasari, Padasuka Cicaheum.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News