Ini Upaya Kerja Sama Kemendag Supaya UKM Giat Mengekspor

Ini Upaya Kerja Sama Kemendag Supaya UKM Giat Mengekspor
Kemendag, LPEI, dan PT Asuransi Asei Indonesia (Asei) bekerja sama untuk memfasilitasi ekspor UKM. Foto ilustrasi/dok Pelindo I

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) menjalin program kerja sama dengan berbagai lembaga terkait untuk mendukungan usaha kecil dan menengah (UKM) go internasional.

Adapun kerja sama itu dilakukan oleh Ditjen PEN Kemendag bersama Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dan PT Asuransi Asei Indonesia (Asei).

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Dirjen PEN) Kementerian Perdagangan (Kemendag) Didi Sumedi mengatakan potensi pasar ekspor yang besar perlu didukung dengan pembiayaan dan asuransi.

"Upaya tersebut dilakukan untuk meningkatkan produksi serta berujung pada pemasaran yang tepat dan berkelanjutan," ujar Didi pada penandatangan MoU kerja sama dan sinergisitas pengembangan UKM ekspor, Jumat (3/6).

Menurut Didi, sinergisitas sangat diperlukan untuk mendorong pelaku usaha terutama UMKM agar dapat meningkatkan kapasitas dan daya saing ekspor mereka secara global.

"Kemendag sangat mengapresiasi komitmen LPEI dan Asei untuk menjadi mitra kami dalam mendorong ekspor nasional,”kata Didi.

Didi mengungkapkan Kemendag akan memberikan dukungan bagi pelaku ekspor dalam bentuk pelatihan, pengembangan produk, penyediaan informasi tren pasar, promosi dan publikasi, serta pengembangan jejaring dengan perwakilan perdagangan di luar negeri.

Kemudian, LPEI dan Asei  sebagai lembaga keuangan dan asuransi di Indonesia berkomitmen untuk memberikan fasilitasi pembiayaan dan asuransi kepada pelaku ekspor untuk mendorong peningkatan ekspor.

Kemendag, LPEI, dan PT Asuransi Asei Indonesia (Asei) bekerja sama untuk memfasilitasi ekspor UKM

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News