Senin, 17 Desember 2018 – 10:04 WIB

Ini yang Harus Dilakukan Bila Terlalu Banyak Minum Kopi

Sabtu, 17 November 2018 – 22:08 WIB
Ini yang Harus Dilakukan Bila Terlalu Banyak Minum Kopi - JPNN.COM

jpnn.com - Para pencinta kopi biasanya pernah mengalami hari-hari saat mereka terlalu banyak minum kopi. Terlalu banyak mengonsumsi minuman berkafein bisa membuat Anda gelisah, jantung berdebar kencang dan merasa tidak tenang.

Kafein bisa menstimulasi pusat sistem saraf, membuat Anda merasa segar dan terjaga. Namun, jika terlalu banyak, kafein justru bisa membuat Anda gelisah dan waspada secara berlebihan. Kafein juga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin yang akan meningkatkan detak jantung.

"Pada dasarnya, kafein menstimulasi sistem saraf pusat Anda, membuat Anda merasa lebih terjaga dan waspada," kata ahli kesehatan wanita, Jennifer Wider, M.D, seperti dilansir laman MSN.

Hal ini juga bisa memicu pelepasan hormon adrenalin, yang membuat detak jantung Anda meningkat. Itu semua baik-baik saja dalam moderasi. Tetapi minum terlalu banyak kafein bisa menyebabkan Anda merasa waspada, cemas, dan, ya, gelisah.

Orang harus membatasi konsumsi kafein mereka tidak lebih dari 400 miligram per hari, menurut USDA (The United States Department of Agriculture). Meskipun setiap orang memiliki toleransi yang berbeda terhadap kafein, Anda mungkin akan merasa sangat buruk jika Anda melebihi batas 400 miligram.

"Diperlukan waktu hingga sembilan setengah jam untuk kadar kafein dalam aliran darah Anda hingga berkurang setengahnya," kata Beth Warren, R.D.N., pendiri Beth Warren Nutrition dan penulis Living a Real Life With Real Food.

"Tetap terhidrasi bisa mengurangi beberapa gejala yang disebabkan oleh overdosis dan membantu tubuh menghilangkannya secara efisien," kata Wider.

Pilihan lain, kata Warren adalah olahraga ringan untuk membantu tubuh Anda memetabolisme kafein lebih cepat. Makan makanan dengan potasium atau magnesium (seperti pisang) juga membantu.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar