JPNN.com

Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Air Kelapa

Rabu, 09 Januari 2019 – 04:05 WIB Ini yang Perlu Anda Tahu tentang Air Kelapa - JPNN.com

jpnn.com - Air kelapa, khususnya dari kelapa muda, kini makin banyak diminati semua kalangan. Air kelapa punya rasa yang menyegarkan, yang bisa menghilangkan dahaga setelah beraktivitas berat atau kepanasan. Selain untuk mengusir rasa haus, air kelapa dengan segala khasiatnya bisa membawa kebaikan untuk kesehatan tubuh.

Menurut dr. Nadia Octavia dari KlikDokter, air kelapa mengandung karbohidrat yang mudah dicerna dalam bentuk gula dan elektrolit.

“Air kelapa murni (tanpa campuran bahan lain) mengandung 5,45 kalori, 1,3 gram gula, 61 mg potasium, dan 5,45 mg sodium,” jelasnya.

Itu semua bisa menjaga keseimbangan elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

Biasanya, air kelapa dikonsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga atau saat seseorang sedang diare. Kadang, air kelapa juga kerap dipasarkan sebagai minuman hidrasi olahraga atau minuman untuk mengatasi hangover. Bahkan, ada pula yang menganggap bahwa air kelapa bisa membantu masalah kesehatan tertentu (seperti konstipasi dan kolesterol tinggi) dan menurunkan berat badan. 

Berbagai manfaat yang bisa Anda dapat dari air kelapa

Bicara mengenai pengembalian cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga, menurut studi skala kecil yang dipublikasikan di “Journal of the International Society of Sports Nutrition” tahun 2012, khasiat air kelapa tak berbeda dengan air putih.

Studi ini meneliti 12 pria, masing-masing berjalan kaki atau joging selama 60 menit dengan treadmill. Setelah selesai, pertisipan diberikan air putih dalam botol, air kelapa, konsentrat air kelapa, dan minuman elektrolit olahraga. Tiga jam setelah menyelesaikan sesi treadmill pertama, peneliti menemukan bahwa air kelapa atau minuman olahraga tak lebih baik ketimbang air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Lantas, dengan hasil penemuan tersebut, apakah minum air kelapa tidak direkomendasikan? Menurut dr. Jessica Florencia dari KlikDokter, air kelapa tetap disarankan untuk dikonsumsi karena memiliki manfaat sebagai berikut:

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...