Ini yang Terjadi Jika Tak Sengaja Makan Roti Berjamur

Ini yang Terjadi Jika Tak Sengaja Makan Roti Berjamur
Ilustrasi roti. Foto: Pixabay

jpnn.com - Memilih sepotong roti yang sehat selalu merupakan ide yang bagus. Roti kaya akan bahan-bahan yang lebih baik untuk Anda, yang menambah asupan protein harian dan membantu mengurangi gula.

Satu-satunya masalah karena roti mengandung pengawet yang lebih sedikit, maka roti tidak bertahan lama. Terkadang Anda secara tidak sengaja makan roti yang telah berjamur.

Namun, jangan khawatir. Mengonsumsi roti yang berjamur sepertinya tidak akan membahayakan tubuh Anda.

"Kemungkinan besar, tidak ada hal buruk yang akan terjadi pada Anda, terutama jika Anda memiliki sistem kekebalan yang sehat," kata SciShow host, Michael Aranda, seperti dilansir laman MSN, Senin (25/2).

Tapi, bagaimanapun, beberapa orang bisa terkena alergi karena jamur yang ada pada roti tersebut. Menurut Aranda, alergi tersebut tidak sering serius, tetapi ada beberapa kasus di mana makan makanan yang dipenuhi jamur bisa mematikan. Selain masalah alergi, masalah lain dengan memakan jamur adalah mikotoksin yang dikandungnya.

"Ini adalah bahan kimia yang dibuat berbagai jamur dan dalam kondisi tertentu, bisa beracun bagi manusia," jelas Aranda.

Bagi sebagian besar orang, jika Anda tidak sengaja mengonsumsi jamur dalam jumlah yang sedikit, Anda mungkin akan baik-baik saja. Tetapi dalam dosis yang lebih besar atau dalam jangka waktu yang lebih lama, mereka bisa menjadi masalah.

Jadi apa cara terbaik untuk menangani makanan berjamur? Itu tergantung pada tipenya. Karena lebih mudah untuk jamur menyebar dalam makanan yang lebih lembut karena cara tumbuhnya, maka makanan tersebut harus dibuang secepatnya.

Kemungkinan besar tidak ada hal buruk yang akan terjadi bila memakan roti berjamur jika Anda memiliki sistem kekebalan yang sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News