Ini 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Olahraga

Ini 7 Makanan yang Baik Dikonsumsi Usai Olahraga
Olahraga. Foto HealthyCare

jpnn.com - Setelah melakukan olahraga atau aktivitas fisik yang melelahkan, tubuh memerlukan asupan nutrisi yang tepat sesuai kebutuhan. Mengonsumsi makanan berlemak misalnya, malah menghambat proses pemulihan tubuh selepas latihan fisik. Untuk memulihkan kondisi, tubuh memerlukan asupan protein dan karbohidrat. Protein bekerja memulihkan otot usai berolahraga, karbohidrat berfungsi menggantikan energi yang telah digunakan.

Perbandingan protein dan karbohidrat yang baik adalah 1:3. Karena itu, Anda perlu menyesuaikan asupan makanan dengan tingkatan olahraga. Sebagai rekomendasi, Anda dapat mengonsumsi tujuh makanan menyehatkan ini usai berolahraga. 

1. Oatmeal

Menurut  dr. Alvin Nursalim dari Klikdokter, oatmeal adalah makanan yang diolah dari biji-bijian dan memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. 

Setiap setengah mangkuk oatmeal, terkandung 27 gram karbohidrat, 5 gram protein, dan 4 gram fiber. Kabar baiknya, oatmeal juga mengandung beta-glucan yang telah terbukti menurunkan kadar kolesterol. Oleh karena itulah, oatmeal baik dikonsumsi usai berolahraga.

2. Sandwich

Roti sandwich dapat mencukupi kebutuhan karbohidrat usai berolahraga. Menambahkan roti dengan sayuran atau daging akan mengoptimalkan kombinasi protein dan karbohidrat.

Pilihlah roti gandum untuk membuat sandwich. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan porsi sandwich agar tidak berlebihan.

Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Rutinkan aktivitas fisik Anda setiap minggu dengan berolahraga dan dapatkan tubuh yang lebih ideal serta sehat.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News