Inikah yang Terjadi Ketika Orang Kaya Tiongkok Berani Melawan Pemerintah?

Kamis, 22 April 2021 – 22:58 WIB
Inikah yang Terjadi Ketika Orang Kaya Tiongkok Berani Melawan Pemerintah? - JPNN.com
Fan BingBing dan Jack Ma menghilang selama beberapa bulan setelah menghadapi masalah dengan Partai Komunis China. (Wikimedia Commons: Georges Biard/Reuters: Yuya Shino)
Inikah yang Terjadi Ketika Orang Kaya Tiongkok Berani Melawan Pemerintah?
Fan BingBing dan Jack Ma menghilang selama beberapa bulan setelah menghadapi masalah dengan Partai Komunis Tiongkok. (Wikimedia Commons: Georges Biard/Reuters: Yuya Shino)

Semakin banyak orang kaya di Tiongkok, namun menjadi kaya di sana juga mendatangkan risiko menjadi perhatian pemerintah atas berbagai tindakan mereka yang lakukan.

Salah seorang di antaranya adalah Jack Ma, yang memiliki kekayaan sekitar $50 miliar (lebih dari Rp65 triliun), yang tiba-tiba menghilang tahun lalu.

Padahal, pendiri usaha bernama Alibaba ini sebelumnya hendak meluncurkan sebuah usaha baru lagi.

Jack Ma yang sebelumnya sudah memiliki perusahaan teknologi keuangan Alipay akan meluncurkan Ant Group yang akan go public di Bursa Saham Hong Kong dan Shanghai.

Ini akan menjadi peluncuran perusahaan terbesar dalam sejarah dengan perkiraan dana baru yang masuk sebesar $34.5 miliar dan membuat nilai perusahaan Ant ini menjadi $300 miliar

Namun dua hari menjelang Ant go public pada tanggal 5 November lalu, Jack Ma kemudian menghilang.

Selama tiga bulan lamanya rumor yang beredar mengatakan bahwa Jack Ma menjalani tahanan rumah dan bahkan ada yang mengatakan dia meninggal dunia.

Akhirnya pada bulan Januari 2021, Jack Ma muncul dalam rekaman sebuah video saat ia berbicara dalam sebuah acara amal.

Sumber ABC Indonesia

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...