Inilah 10 Kampus Terbaik di Indonesia, Ada yang Melorot

Inilah 10 Kampus Terbaik di Indonesia, Ada yang Melorot
Ilustrasi Foto: Dipta/Jawa Pos/dok.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Dalam pemeringkatan kampus terbaik 2016 versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Gadjah Mada (UGM) berada di urutan pertama dan kedua. Posisi ini masih seperti tahun lalu.

Pergeseran peringkat ada di urutan ketiga. Dimana Universitas Indonesia (UI) berhasil menggusur Institut Pertanian Bogor (IPB) di urutan ketiga. Sementara kampus top di Jawa Timur Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) posisinya melorot dari urutan lima tahun lalu ke urutan enam. 

Sementara itu Universitas Padjadjaran (Unpad) melorot cukup tajam dari urutan tujuh ke sepuluh. 

Pengumuman pemeringkatan kampus unggulan (cluster I) itu disampaikan Menristekdikti Muhammad Nasir usai upacara peringatan kemerdekaan kemarin (17/8). Nasir mengatakan hasil pemeringkatan tahun ini ada kampus yang skornya naik, tetapi ada juga yang turun.

Dia menuturkan pemeringkatan ini objektif dan dijalankan oleh aplikasi komputer. ’’Campur tangan manusianya hanya saat memasukkan data saja,’’ katanya.

Termasuk dalam daftar 10 besar seluruhnya kampus negeri, juga sudah berdasarkan penilaian aplikasi. Bagi kampus-kampus yang nilainya turun, diharapkan bisa naik kembali tahun depan.

Mantan rektor Universitas Diponegoro (Undip) itu mengatakan pemeringkatan itu didasarkan tiga faktor. Yakni akreditasi perguruan tinggi dan program studi (prodi).

Kemudian jumlah dan kualifikasi dosen serta kinerja mahasiswanya. Nasir menuturkan data yang diolah dalam pemeringkatan itu adalah data selama 2015.

JAKARTA – Dalam pemeringkatan kampus terbaik 2016 versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), Institut Teknologi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News