JPNN.com

Inilah 10 Tokoh Lingkungan Penerima Kalpataru

Kamis, 30 Agustus 2018 – 20:36 WIB Inilah 10 Tokoh Lingkungan Penerima Kalpataru - JPNN.com

jpnn.com, BITUNG - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya memberikan penghargaan Kalpataru pada 10 perintis, pengabdi, penyelamat dan pembina lingkungan hidup Indonesia. 

Penyerahan ini dilakukan di puncak peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) di Taman Wisata Alam Batu Putih, Bitung, Sulawesi Utara, Kamis (30/8). Menteri Siti didampingi Menko Perekonomian Darmin Nasution saat pemberian penghargaan 

Kalpataru adalah penghargaan tertinggi bidang lingkungan hidup di Indonesia.

Inilah 10 Tokoh Lingkungan Penerima Kalpataru

Penghargaan Kalpataru diberikan sejak 1981 silam yang disampaikan pemerintah kepada individu (perseorangan) ataupun kelompok yang dinilai berjasa dalam melestarikan lingkungan hidup baik dalam merintis, mengabdi, menyelamatkan dan membina dalam rangka pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

Sebelum memberikan penghargaan itu, Menteri Siti mengingatkan semua kalangan agar bersama-sama menjaga konservasi alam di Indonesia.

"Kita kuat dan kaya akan keanekaragaman hayati tapi ancamannya juga cukup besar oleh karena itu ini bagian dari tantangan yang harus kita hadapi. Konsep untuk pengembangan taman nasional maupun kawasan konservasi adalah bagaimana kawasan-kawasan ini bisa menopang pusat pertumbuhan daerah. Mari kita jadikan konservasi alam sebagai sikap hidup dan budaya bangsa," ujar Menteri Siti dalam sambutannya.

Pemberian penghargaan Kalpataru ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, membuka peluang bagi berkembangnya inovasi dan kreativitas, serta mendorong prakarsa masyarakat, sebagai bentuk apresiasi dan motivasi kepada individu maupun kelompok yang telah berpartisipasi aktif dalam upaya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...