Inilah Alasan Dua Tentara OPM Menyerahkan Diri ke Makoramil Kaimana

Inilah Alasan Dua Tentara OPM Menyerahkan Diri ke Makoramil Kaimana
Kedua simpatisan Organisasi Separatis Papua Merdeka itu yakni Natalis Watora (25) dan Engel Feneteruma (31) saat menyerahkan diri ke Makoramil 1804-07/Kambrauw, Sunua, Distrik Kambrauw, Kaimana, Papua Barat (31/3). Foto: dok for jpnn

jpnn.com, JAKARTA - Dua anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyerahkan diri ke Makoramil 1804-07/Kambrauw, Sunua, Distrik Kambrauw, Kaimana, Papua Barat (31/3).

Kedua simpatisan Organisasi Separatis Papua Merdeka itu, yakni Natalis Watora (25) dan Engel Feneteruma (31).

Saat menyerahkan diri, keduanya membawa barang bukti seperti dua mata panah, dua peluru senapan angin berkaliber 3 mm.

"Kedua simpatisan itu merupakan anggota TPNPB-OPM Kodap XII Kaimana-Kuri yang berasal dari Kampung Rauna," Kapendam Kasuari Kolonel Arm Hendra Pesireron dalam keterangannya kepada JPNN.com, Sabtu (2/4).

Hendra mengatakan penyerahan diri bermula saat keduanya melarikan diri dari Kelompok Jonair Waga bersama simpatisannya yang akan melakukan aksi di pertigaan masuk TPU kurang lebih 200 meter sebelah barat Yonif 764/IB.

Mereka melarikan diri dari kelompok lantaran takut dalam pelaksanaan aksi dan merasa terlantar, sehingga berniat kembali ke Kampung Rauna dengan berjalan kaki mengikuti pinggiran hutan hingga tiba di salah satu rumah warga.

"Mereka memutuskan bertemu dengan Barent Tumanat dan membawa kedua simpatisan tersebut ke Koramil 1804-07/Kambrauw guna menyerahkan diri dan diambil keterangan oleh Kodim 1804/Kaimana," ujar Hendra.

Kedua simpatisan itu juga  membuat surat pernyataan untuk tunduk kepada hukum yang berlaku di Indonesia.

Dua anggota Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) menyerahkan diri ke Makoramil, Papua Barat (31/3).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News