Inilah Beberapa Tanaman Herbal Obat Diabetes, Simak Penjelasan Dokter Afifah

Inilah Beberapa Tanaman Herbal Obat Diabetes, Simak Penjelasan Dokter Afifah
Dua dokter spesialis dari Siloam Hospitals Lippo Village meminta masyarakat mewaspadai sindrom metabolik dan diabetes, konsumsi gula perlu diatur. Ilustrasi diabetes. Foto: Antara

jpnn.com - JAKARTA – Kayu manis merupakan jenis tumbuhan yang bisa menjadi obat diabetes.

Tim Edukasi Media Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Afifah K. Vardhani M.Pd.Ked M.Si (Herbal) menjelaskan manfaat kayu manis untuk pengobatan diabetes.

Tim Edukasi Media Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr. Afifah K. Vardhani M.Pd.Ked M.Si (Herbal) menjelaskan manfaat beberapa pengobatan diabetes yang bisa dilakukan dengan terapi menggunakan tumbuhan salah satunya kayu manis.

“Konsumsi satu gram kayu manis setiap hari dapat menurunkan sekitar 0,83 persen HbA1C pada tubuh pasien diabetes,” kata dr Afifah dalam diskusi mengenai obat herbal jamu untuk diabetes dan stroke yang diikuti secara daring di Jakarta, Minggu (26/5).

Afifah mengatakan kayu manis (cinnamomum burmanii), yang memiliki kandungan polifenol dan cinamaldehide dapat bekerja mirip insulin di dalam tubuh atau insulin-mimetic-effect.

Kayu manis, kata Afifah, juga memiliki efek antioksidan dan juga antiperadangan.

Kayu manis juga dapat menghambat kerja enzim alfa glukoksidase dalam usus halus yang bertugas memroses glukosa dari makanan.

Penghambatan enzim ini dapat menyebabkan absorpsi glukosa tertunda dan kadar glukosa postprandialnya menurun.

Bukan hanya kayu manis, inilah beberapa jenis tanaman herbal untuk obat diabetes.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News