Inilah Bentuk Dukungan APP Sinar Mas terhadap Program KLHK soal Kawasan Konservasi

Inilah Bentuk Dukungan APP Sinar Mas terhadap Program KLHK soal Kawasan Konservasi
APP Sinar Mas dan Ditjen KSDAE KLHK menandatangani Nota Kesepahaman mengenai Kerjasama Penguatan Fungsi Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya. Foto: dok.Humas APP Sinar Mas

jpnn.com - JAKARTA - APP Sinar Mas dan Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam Ekosistem (Ditjen KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan menandatangani Nota Kesepahaman mengenai Kerjasama Penguatan Fungsi Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya Secara Berkelanjutan di wilayah kerja 5 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkup Ditjen KSDAE.

Penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka perlindungan pengamanan hutan dan konservasi keanekaragaman hayati ini dilakukan di Gedung Manggala Bakti, Kompleks Kementerian LHK pada Rabu, 7 Desember 2022.

Dalam keterangan tertulis, pihak APP Sinar Mas menjelaskan bahwa tujuan nota kesepahaman ini ialah untuk mensinergikan program bersama dalam rangka penyelenggaraan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya yang optimal dalam bentuk dukungan kegiatan penyelamatan, rehabilitasi satwa dilindungi, perlindungan, restorasi kawasan, fasilitasi.

Selian itu, dalam bentuk bantuan teknis penelitian, pemantauan, surve, pendidikan, penyadartahuan masyarakat, peningkatan ekonomi masyarakat, penggalangan kemitraan, dan pendanaan berkelanjutan untuk konservasi.

Tindak lanjut Nota Kesepahaman ini adalah Kerja Sama Penguatan Fungsi Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem Secara Berkelanjutan di Wilayah Kerja Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Jambi, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Selatan, Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Timur, dan Balai Taman Nasional Berbak Sembilang untuk jangka waktu selama 3 tiga tahun.

Kerjasama ini dituangkan dalam bentuk program-program yang bertujuan untuk perlindungan dan pengamanan kawasan serta perlindungan spesies kunci (Harimau Sumatera dan Gajah Sumatera) serta satwa liar lainnya dan habitatnya, melakukan penguatan fungsi kawasan melalui dukungan kegiatan perlindungan, pengawasan dan konservasi keanekaragaman hayati di sekitar areal mitra pemasok APP Sinar Mas sebagai bentuk Corporate Biodiversity Responsibility.

Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen KSDAE KLHK Bambang Hendroyono menjelaskanbahwa kekuatan Direktorat Jenderal KSDAE salah satunya adalah melalui kerjasama penguatan fungsi kawasan konservasi dan pelestarian keanekaragaman hayati.

Kerjasama penguatan fungsi di kawasan konservasi, lanjut Bambang, harus berjalan sesuai dengan prinsip saling percaya (mutual trust), saling peduli (mutual respect) dan saling memberikan kemanfaatan (mutual benefit).

APP Sinar Mas mendukung program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam hal perlindungan kawasan konservasi keanekaragaman hayati.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News