Inilah Beragam Inovasi Layanan Siloam Hospitals Kebon Jeruk di Masa Pandemi

Inilah Beragam Inovasi Layanan Siloam Hospitals Kebon Jeruk di Masa Pandemi
Petugas menyiapkan tempat tidur di ruang isolasi sementara di Rumah Sakit Siloam, Jakarta, Sabtu (7/3). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Manajemen Siloam Hospitals Kebon Jeruk (SHKJ) menyadari pentingnya menjaga keselamatan pasien dan staf dalam masa pandemi COVID-19.

Hal itu karena Siloam Hospital Kebon Jeruk ingin menjaga citra sebagai salah satu rumah sakit yang dikenal selalu mengedepankan pelayanan komprehensif.

Direktur Siloam Hospitals Kebon Jeruk dr. Agus Tanjung mengatakan, ketika wabah COVID-19 dinyatakan sebagai pandemi sejak Maret 2020, SHKJ menyikapi dengan melakukan berbagai upaya antisipatif.

Antara lain melakukan screening dan pengaturan akses masuk pasien maupun pengunjung ke dalam rumah sakit dan memberlakukan pemisahan area perawatan dan tenaga medis bagi pasien yang bergejala.

“Beberapa kebijakan juga dilakukan untuk seluruh staf antaranya, pemeriksaan Rapid Test & Swab PCR berkala, pemberian vitamin, serta melakukan Work From Home bagi sebagian staf yang memungkinkan,” tutur Agus Tanjung ketika berbincang dengan sejumlah media di Jakarta.

Dijelaskan, guna memenuhi kebutuhan pasien, beberapa inovasi dilakukan di antaranya konsultasi online melalui aplikasi Aido Health, layanan Drive Thru untuk pemeriksaan laboratorium, vaksinasi, farmasi dan rapid test, serta layanan Home Care, yaitu dengan mengunjungi pasien langsung ke alamat yang diminta.

"Kami menyadari Pandemi Covid-19 memiliki periode waktu dan diperlukan konsistensi guna mengantisipasi hal tersebut. Melalui penerapan konsep Clean & Safe Hospital, pasien akan merasa lebih aman dan nyaman ketika memenuhi kebutuhan kesehatannya saat di Siloam Hospitals Kebon Jeruk", tuturnya.

Clean & Safe Hospital merupakan upaya agar penanganan pasien Covid-19 tidak memberikan dampak yang tidak diinginkan terhadap pasien bukan penderita Covid-19.

Siloam Hospitals Kebon Jeruk mengedepankan pelayanan komprehensif terutama di masa pandemi COVID-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News