Inilah Daerah Penerima APBD Award 2023 dari Kemendagri

Inilah Daerah Penerima APBD Award 2023 dari Kemendagri
APBD Award 2023. Foto: Tim Kemendagri

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menganugerahkan APBD Award kepada para kepala daerah dengan realisasi APBD tertinggi.

Anugerah tersebut diberikan pada acara APBD Award 2023 dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Keuangan Daerah Tahun 2023 di Mercure Convention Centre (MCC) Ancol Jakarta, Kamis (16/3).

APBD Award 2023 diserahkan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) John Wempi Wetipo kepada gubernur, bupati, dan wali kota yang hadir langsung di MCC Ancol.

Direktur Jenderal Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Keuda Kemendagri) Agus Fatoni menjelaskan APBD Award 2023 diberikan kepada kepala daerah sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan atas capaian kinerja dalam merealisasikan APBD.

"Selain itu, penghargaan APBD Award untuk memberikan motivasi, menciptakan iklim kompetitif dan mendorong realisasi APBD agar bisa maksimal sejak awal tahun," kata Fatoni.

Fatoni menjelaskan, APBD Award diberikan dengan tiga kategori, yakni:

  • Daerah dengan realisasi pendapatan tertinggi
  • Daerah dengan realisasi belanja tertinggi
  • Daerah dengan realisasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) tertinggi.

Masing-masing kategori penghargaan tersebut diberikan kepada lima provinsi, lima kabupaten, dan lima kota. "Penilaian didasarkan dari perhitungan melalui laporan realisasi anggaran (LRA), kemudian dari LRA dibentuk tim (untuk melakukan penilaian dan verifikasi) yang akhirnya memutuskan masing-masing penerima penghargaan pada hari ini,” ujar Fatoni.(pkdn/jpnn)

Kepala daerah penerima penghargaan APBD Award 2023 untuk kategori Realisasi Pendapatan Daerah Tertinggi Tahun Anggaran 2022 tingkat kota, yakni:

APBD Award 2023 ada tiga kategori, yakni pendapatan tertinggi, belanja tertinggi, dan peningkatan PAD tertinggi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News