Inilah Daftar Bonus untuk Lalu Muhammad Zohri

Inilah Daftar Bonus untuk Lalu Muhammad Zohri
Lalu Muhammad Zohri (tengah) melatih teknik startnya bersama sprinter lainnya, April lalu. Foto: ZOHRI FOR LOMBOK POST.

jpnn.com, JAKARTA - Sejumlah kementerian dan lembaga menyiapkan bonus untuk Lalu Muhammad Zohri , peraih gelar juara di nomor 100 meter putra pada Kejuaraan Dunia U-20 yang berlangsung di Tampere, Finlandia. Menpora Imam Nahrawi menyiapkan beasiswa dan uang Rp 250 juta.

Menteri Pendayaguaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Asman Abnur memutuskan untuk mengangkat Lalu Mohammad Zohri sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pengangkatan tersebut dilakukan melalui skema formasi khusus.

“Karena dia sudah memenuhi kriteria sebagai atlet berprestasi tingkat dunia,” ujarnya di Kantor kementerian Sekretaris Negara, Jakarta, Jumat (13/7). Terkait kapan pengangkatannya, Asman menyebut bisa dilakukan tahun ini.

Sebab menurut informasi yang diterimanya, tahun ini Zohri sudah berusia 18 tahun. Di sisi lain, pemerintah juga membuka formasi CPNS baru tahun ini.

Rencananya, Zohri akan di tempatkan di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Pengangkatan tersebut dilakukan untuk memberikan jaminan bagi masa tuanya setelah pensiun dari atlet.

“Dia bekerja sebagai atlet, tapi pegawainya di Kemenpora pegawai negerinya. Apakah dia mau kembali ke daerahnya bisa kita pindahkan ke provinsi asalnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi juga memerintahkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan renovasi rumah Lalu Muhammad Zohri di Dusun Karang Pangsor, Desa Pemenang Barat, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kamis malam (12/7).

Menindaklanjuti perintah tersebut, Menteri Basuki langsung menugaskan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Danis H. Sumadilaga dan Direktur Rumah Khusus, Ditjen Penyediaan Perumahan Chris Robert Marbun untuk berangkat ke Kabupaten Lombok Utara, Provinsi NTB untuk menemui keluarga dan melihat langsung kondisi rumah Zohri sebagai persiapan pelaksanaan renovasi menyeluruh atas rumah tersebut.

Bonus disiapkan oleh sejumlah kementerian dan lembaga untuk Lalu Muhammad Zohri, sang juara lari nomor 100 meter dari NTB.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News