Inilah Daftar Daerah dengan Jumlah Kematian Akibat COVID-19 Terbanyak

Inilah Daftar Daerah dengan Jumlah Kematian Akibat COVID-19 Terbanyak
Pemakaman jenazah pasien COVID-19. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Jumlah kasus kematian akibat COVID-19 di Indonesia mencapai angka tertinggi pada pekan terakhir Juli 2021.

Menurut Ketua Bidang Data dan Teknologi Informasi Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Dewi Nur Aisyah, penderita COVID-19 yang meninggal dunia pada pekan pertama Juli tercatat 4.400 orang.

Selanjutnya, meningkat menjadi 6.300 orang pada pekan kedua, bertambah menjadi 8.300 orang pada pekan ketiga, dan bertambah lagi menjadi 11.076 orang pada pekan keempat.

"Kalau dilihat di pekan terakhir Juli terjadi kematian rata-rata 1.582 orang dalam sehari," katanya dalam acara bincang-bincang virtual yang dipantau dari Jakarta, Rabu (4/8).

Menurut Dewi, provinsi dengan jumlah kasus kematian terbanyak akibat COVID-19 sepanjang Juli 2021 meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Kontribusi dengan total kematian di level nasional dari provinsi tersebut sudah mencapai 87 persen," katanya.

Kabupaten dan kota dengan jumlah kasus kematian akibat COVID-19 cukup banyak berturut-turut Semarang, Jakarta Timur, Garut, Jakarta Barat, Karawang, Jakarta Selatan, Balikpapan, Sleman, dan Jombang.

Dewi menjelaskan, kasus kematian pasien COVID-19 selama Januari hingga April 2021 sempat menurun sampai 6,91 persen. Namun kemudian meningkat lagi pada periode April-Mei 2021.

Berikut ini daftar nama daerah dengan kasus kasus kematian akibat COVID-19 terbanyak sepanjang Juli 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News