Inilah Daftar Jawara IGSCA 2023, Didominasi Perusahaan Besar, Punya Komitmen Kuat

Inilah Daftar Jawara IGSCA 2023, Didominasi Perusahaan Besar, Punya Komitmen Kuat
SWA rutin mengadakan gelaran pemilihan perusahaan-perusahaan green company dalam ajang penjurian Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA) 2023. Foto tangkapan layar zoom

jpnn.com, JAKARTA - Isu green company kian santer didengungkan di tengah kesibukan operasional industri yang menghadapi perubahan iklim (climate change). 

Agar menjadi green company, para pengusaha harus memiliki kesadaran menjalankan perusahaan sesuai pilar-pilar Sustainable Development Goals (SDGs) dan Environmental, Social, and Governance (ESG) dalam operasionalnya.

Dan, SWA Media Group berkomitmen terciptanya Green & Sustainable Companies di Indonesia. Itulah sebabnya, SWA rutin mendorong dan mengadakan gelaran pemilihan perusahaan-perusahaan green company dalam ajang penjurian Indonesia Green & Sustainable Companies Award (IGSCA) 2023. 

Tahun ini mengangkat tema ‘Indonesia Green & Sustainable Companies’ dengan pertimbangan memacu perusahaan-perusahaan dalam mengembangkan jalur growth dan green secara bersama-sama.

“Kami meyakini green company adalah keharusan," kata Group Chief Editor SWA Media Kemal E. Gani dalam sambutannya di ajang IGSCA 2023 yang diselenggarakan secara hybrid baru-baru ini.

Di kalangan dunia bisnis Indonesia belakangan juga getol mengaitkan isu ekonomi sirkular, green building, green financing (pembiayaan berwawasan lingkungan) dan  lainnya dengan kiprah perusahaan. Salah satu perusahaan yang aktif adalah BRI. 

BUMN perbankan ini  berkomitmen terus meningkatkan pembiayaan ke sektor bisnis berkelanjutan (sustainable business activities). Hingga Desember 2022, portofolio kredit hijau BRI dilaporkan mencapai Rp 78,8 triliun, atau setara dengan 7,7% dari total portofolio kreditnya. Khusus sektor Energi Baru Terbarukan, kredit yang disalurkan mencapai Rp 7,1 triliun, meningkat 26,% (YoY).

Dalam menjawab tantangan perubahan iklim ke depan, Bank Indonesia berupaya menyiapkan UMKM dalam bertransformasi menuju UMKM hijau untuk mendukung ekonomi berkelanjutan sejalan dengan fokus Presidensi G20.

Inilah daftar jawara IGSCA 2023, didominasi perusahaan besar, punya komitmen kuat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News