Inilah Daftar Nama-nama Perwira Tinggi TNI yang Dimutasi

Inilah Daftar Nama-nama Perwira Tinggi TNI yang Dimutasi
Jenderal Gatot Nurmantyo. Foto: Charlie L/Indopos/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memutasikan puluhan perwira tinggi (pati) TNI. Melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/836/X/2017, tidak kurang 91 pati dari matra darat, laut maupun udara diamanatkan mengisi jabatan baru.

Tujuannya tidak lain guna memenuhi kebutuhan serta meningkatkan kinerja TNI.

Menurut Gatot, mutasi pati yang dilakukan oleh instansinya merupakan hal wajar. Sejumlah alasan dipadang cukup oleh pejabat kelahiran Tegal itu untuk mengeluarkan surat keputusan pada Jumat (27/10).

”Karena banyak yang pensiun, maka harus segera,” ungkap dia kemarin (31/10). Sebab, tidak sedikit posisi penting ditinggalkan oleh pati yang sudah memasuki masa purnabakti.

Gatot mencontohkan posisi wakil kepala staf angkatan darat (wakasad) yang diduduki oleh Letnan Jenderal (Letjen) TNI Hinsa Siburian.

Dalam surat keputusan yang dia keluarkan, Hinsa masuk jajaran pati Mabes TNI AD lantaran bakal segera berhenti bertugas sebagai jenderal aktif. ”Contohnya sekarang wakasad pensiun,” terang alumnus Akademi Militer (Akmil) 1982 itu.

Sebagai gantinya, Gatot memilih Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IV/Diponegoro Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Tatang Sulaiman.

Pria yang akrab dipanggil Tatang itu dinilai cocok menduduki posisi wakasad. Pengalaman bertugas di Kodam IV/Diponegoro serta Kodam I/Iskandar Muda diyakini cukup untuk menempatkan Tatang di bawah kepala staf angkatan darat (KSAD).

Menurut Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmayo, mutasi perwira tinggi yang dilakukan oleh instansinya merupakan hal wajar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News