Inilah Desa Paling Maju dan Keren di Jateng, Semuanya Pakai Sistem Digital

Inilah Desa Paling Maju dan Keren di Jateng, Semuanya Pakai Sistem Digital
Gubernur Ganjar Pranowo mendengar penjelasan kepala desa soal Desa Pintar. Foto: Instagram

jpnn.com, PURWOREJO - Anggapan bahwa desa akan selalu tertinggal ternyata tak selalu benar. Di Jawa Tengah, ada satu desa yang sangat maju, bahkan terus berinovasi untuk memanjakan warganya.

Desa Krandegan namanya. Desa yang terletak di Kecamatan Bayan Kabupaten Purworejo ini sangat maju dan menjadi desa pintar. Disebut desa pintar, karena hampir semua urusan pelayanan desa sudah berbasis digital.

Sejumlah aplikasi dibuat untuk memudahkan masyarakat. Aplikasi Si Polgan misalnya, aplikasi sistem informasi dan pelayanan online desa Krandegan itu dibuat khusus untuk memudahkan masyarakat mengurus administrasi, mulai pengurusan izin, informasi dana desa, laporan kejadian gawat darurat dan sebagainya.

Dengan aplikasi itu, masyarakat yang hendak mengurus izin, tak perlu mengantre di kantor desa. Dari rumah saja, langsung bisa dan selesai dalam hitungan jam.

Ada juga aplikasi toko online bernama tokodesaku.id. Aplikasi ini dibuat untuk mewadahi dagangan masyarakat agar bisa dijual secara online. Selain mengandalkan marketplace besar, aplikasi ini dinilai ampuh untuk menjual produk dari masyarakat Krandegan.

"Ada pelayanan online, pembayaran online, toko online dan ojek online. Intinya, kami ingin memudahkan warga dan meningkatkan kinerja pemerintah desa dengan memunculkan ide ini," kata Kepala Desa Krandegan, Dwinanto.

Tak hanya memudahkan warganya, sejumlah aplikasi yang berhasil dibuatnya itu juga dijual ke pasaran. Desa manapun yang ingin memiliki aplikasi seperti milik desa Krandegan, bisa membelinya dengan harga Rp5 juta.

"Bisnis penjualan aplikasi ini kami kelola menggunakan BUMdes. Jadi, penghasilan terbesar desa kami saat ini dari jualan produk digital," terangnya.

Ada sebuah desa pintar yang maju di Jateng karena hampir semua urusan pelayanan untuk masyarakat sudah berbasis digital.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News