Inilah Hasil SNM PTN di Surabaya

Inilah Hasil SNM PTN di Surabaya
SNM PTN. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - SURABAYA –Hari ini hasil seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN)  di Surabaya diumumkan. Hasil SNM PTN dapat dilihat di laman snmptn.ac.id mulai pukul 13.00. Sebelum mengumumkan hasil SNM PTN, Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) berkumpul di Jakarta pada Sabtu (7/5) sampai Minggu (8/5).

Dari Surabaya, ada lima PTN yang membuka pendaftaran melalui jalur SNM PTN. Yakni, Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jatim.

Tahun ini total ada 645.202 siswa yang mendaftar SNM PTN. Namun, jumlah peserta SNM PTN yang lolos hanya 114.804 atau sekitar 17,8 persen. Berarti ada 530.398 peserta yang terdepak dari seleksi.

Rektor Universitas Airlangga (Unair) Prof Muhammad Nasih menyatakan, hasil SNM PTN memang sudah keluar. Hasil seleksi yang sedianya diumumkan pada 10 Mei dini hari dimajukan hari ini (9/5).

''Pengumuman dilakukan besok (hari ini, Red) pada pukul 13.00. Maju 11 jam dari jadwal semula,'' ujarnya kemarin

Nasih mengungkapkan, panitia memajukan pengumuman SNM PTN karena semua proses telah rampung. Mulai pengolahan data nilai, seleksi PTN 1, seleksi PTN 2, hingga rapat hasil seleksi oleh MRPTNI. Dia menuturkan, hasil SNM PTN bakal dikirim ke setiap PTN pada Senin pukul 00.00. Panitia SNM PTN pusat juga menginstruksikan pengumuman SNM PTN dilakukan secara serempak pukul 13.00. ''Di website tiap PTN nanti juga di-upload hasilnya,'' jelasnya.

Apakah hasil ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dijadikan penentu SNM PTN? Nasih menjelaskan, Unair hanya menggunakan hasil UNBK tertinggi nasional dan Jawa Timur. ''Masalahnya, siswa yang mendapat nilai tertinggi UNBK tidak mendaftar di Unair,'' tuturnya.

Sementara itu, Nasih mengimbau kepada siswa yang belum ''beruntung'' di jalur SNM PTN supaya tidak berkecil hati. Sebab, PTN masih membuka seleksi di jalur lain. Salah satunya seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN). Pendaftaran SBM PTN dibuka hingga 20 Mei mendatang.

Wakil Rektor I Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya Heru Setyawan juga membenarkan hal tersebut. Dia mengatakan, pengumuman SNM PTN bisa dipantau di laman seleksi masuk setiap PTN. Untuk ITS, pengumuman SNM PTN dapat dicek di smits.its.ac.id. ''Semua diumumkan lewat online. Peserta dapat mengecek di mana pun,'' paparnya.

Tahun ini jumlah pendaftar SNM PTN di ITS menurun. Tahun lalu pendaftar mencapai 22.046 peserta, sedangkan tahun ini hanya 16.405 peserta. Adapun total peserta yang diterima berjumlah 1.341 orang.

Angka penerimaan sudah mengacu pada aturan baru yang menggunakan sistem persentase sekolah dalam meyeleksi calon mahasiswa baru. Peserta dari Jawa Timur tetap mendominasi pilihan di ITS. Jumlahnya men­capai 11.411 peserta. ''Memang diutamakan siswa mendaftar di PTN yang satu kota atau provinsi,'' tutur Heru. Prodi pendaftar terbanyak masih diduduki teknik informatika. Tahun ini yang mendaftar di prodi tersebut mencapai 2.371 peserta. (rst/ara/c15/fat/flo/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News