Inilah Hasil Survei Terkini tentang Keyakinan Publik atas Jokowi

Inilah Hasil Survei Terkini tentang Keyakinan Publik atas Jokowi
Inilah Hasil Survei Terkini tentang Keyakinan Publik atas Jokowi

jpnn.com - JAKARTA - Indikator Politik Indonesia kembali merilis hasil survei tentang penilaian publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo pasca-reshuffle kabinet jilid II. Hasil survei terhadap 1220 responden selama 1-9 Agustus itu menunjukkan publik semakin yakin pada pemerintahan pimpinan presiden yang beken disapa dengan panggilan Jokowi itu.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi saat merilis survei bertema Kinerja Pemerintahan Jokowi Pasca Reshuffle Jilid II di Jakarta, Minggu, (14/8) mengatakan, ada 53 persen responden yang tahu tentang reshuffle. “Di antara yang tahu, mayoritas (74 persen)  merasa yakin bahwa reshuffle akan membuat kinerja pemerintah Jokowi menjadi lebih baik,” ujarnya.

Sedangkan responden yang kurang yakin ada 19 persen. Sisanya, ada 2 persen yang mengaku sama sekali tak yakin.

Saat Jokowi dilantik, tingkat keyakinan publik akan kemampuannya mencapai 74 persen. Namun, tingkat keyakinan publik terhadap Jokowi sempat anjlok hingga angka 55 persen pada Juni 2015.

Namun, kini ada peningkatan keyakinan akan kemampuan Jokowi. Yakni di kisaran 63 persen pada Desember 2015, menjadi 72 persen pada Maret 2016, dan kini kembali ke angka 74 persen.

Survei itu juga menelisik tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Jokowi. Hasilnya, 8 persen responden merasa sangat puas, sedangkan 60 persen lainnya mengaku cukup puas.

“Sementara yang kurang puas atau tidak puas sama sekali jumlahnya sekitar  31 persen,” tutur Burhan.

Kepuasan itu didasari pada perbaikan kondisi politik, ekonomi, keamanan dan penegakan hukum. Burhan menambahkan, evaluasi atas kinerja Jokowi berhubungan dengan persepsi atas berbagai kondisi.

JAKARTA - Indikator Politik Indonesia kembali merilis hasil survei tentang penilaian publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo pasca-reshuffle

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News