Selasa, 23 Oktober 2018 – 01:08 WIB

Inilah Jadwal Tahapan PPDB 2018

Minggu, 27 Mei 2018 – 00:14 WIB
Inilah Jadwal Tahapan PPDB 2018 - JPNN.COM

jpnn.com, BALIKPAPAN - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) akan berlangsung awal Juli mendatang. Namun, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Balikpapan, Kaltim, mengimbau masyarakat tak melewatkan jadwal tahapan yang telah ditetapkan. Khususnya bagi calon siswa yang berasal dari luar daerah.

“Bisa jadi dia warga Balikpapan, tapi sekolah di luar Balikpapan. Kemudian lulus dan mau masuk sekolah di Balikpapan. Itu harus melalui tahapan verval (verifikasi dan validasi, Red),” kata Kepala Disdikbud Balikpapan Muhaimin didampingi Kabid Pendidikan Sekolah Dasar, Ganung Pratikno.

Tahapan verifikasi dan validasi dijadwalkan 21–30 Juni. Proses ini meliputi penambahan poin untuk prestasi calon peserta didik baru, menginput data calon peserta didik dari luar kota, menginput data calon peserta didik dari program paket.

Proses input data ini dilakukan sampai batas waktu sehari sebelum jalur pendaftaran yang diinginkan dibuka.

“Untuk siswa dari luar kota, datanya kan dari luar. Kita enggak punya datanya. Makanya perlu ikut verval dulu sebelum ikut PPDB,” terangnya.

Tahapan PPDB dimulai awal Juli. Diawali dengan jalur bina lingkungan baik yang berada pada ring 1 maupun ring zona. Ring 1 berarti mereka yang sangat dekat dan terkena dampak langsung dari sekolah tersebut.

Mereka yang paling diprioritaskan diterima di sekolah terdekat. Sementara ring zona merupakan mereka yang masuk zona yang sudah ditentukan Disdikbud.

Untuk jalur bina lingkungan ini, kuotanya minimal 90 persen dari kuota penerimaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan jalur lain yang dibuka secara bersamaan. Yakni jalur umum (lintas zona), jalur prestasi, jalur keluarga miskin, jalur luar kota.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar