Inilah Kabar Gembira untuk Siswa SMK

Inilah Kabar Gembira untuk Siswa SMK
Proyek pembangunan jalan tol. Foto ilustrasi.dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Mulai tahun ini para siswa SMK bidang konstruksi mendapatkan kesempatan bagus dengan magang di proyek pemerintah.

Program ini merupakan wujud kerjasama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Kerjasama kedua kementerian itu diteken di SMKN 26 Jakarta kemarin. Dirjen Bina Konstruksi Yusid Toyib menuturkan proyek konstruksi yang menggunakan uang negara sangat besar.

’’Ada sekitar Rp 300 triliun anggaran untuk pembangunan konstruksi di Indonesia saat ini,’’ katanya kemarin.

Nah untuk mewujudkan proyek konstruksi tersebut, dibutuhkan tenaga kerja yang banyak. Khusus di kelompok tenaga terampil menengah. Menurut dia posisi tenaga terampil kelas menengah ini cocok atau tepat untuk diisi anak-anak lulusan SMK.

Yusid menjelaskan supaya anak-anak SMK siap bekerja setelah lulus, mereka bekerjasama dengan Kemendikbud. Tujuan dari kerjasama ini adalah, memberikan akses bagi anak-anak SMK untuk lebih terampil di bidang konstruksi.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan kesempatan anak-anak SMK bidang konstruksi untuk megang di proyek-proyek pemerintah.

Baik itu proyek bendungan, jalan raya, jalan tol, bandara, pelabuhan, dan lain sebagainya. ’’Sebanyak-banyaknya jumlah anak SMK yang sedang praktek kerja lapangan (PKL), kita siap tampung sebagai peserta magang,’’ tuturnya. Sebab permintaan tenaga kerjanya cukup terbuka luas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News