Inilah Kabupaten Juara Setop Buang Air Besar Sembarangan

Inilah Kabupaten Juara Setop Buang Air Besar Sembarangan
Bupati Cianjur H Irvan Rivano Muchtar, terima piala dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sebagai juara pertama ODF. Foto:

jpnn.com, BANDUNG - Kabupaten Cianjur meraih juara pertama Open Defecation Free (ODF) atau daerah yang berhasil melaksanakan setop buang air besar sembarangan, dari pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Bupati Cianjur H Irvan Rivano Muchtar yang telah sukses melaksanakan program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang disinergikan dengan upaya kolaboratif antara inovasi pemimpin daerah, kemitraan lintas sektor dan partisipasi aktif masyarakat, di Halaman Gedung Sate Bandung, Senin (12/11).

Komitmen untuk menyukseskan program ini menjadi kunci keberhasilan pelaksanaan STBM dengan mengedepankan pembangunan sanitasi berbasis partisipasi dan pemberdayaan masyarakat, sehingga secara bertahap dapat mengubah perilaku higienis dan sanitasi di masyarakat.

ODF adalah kondisi atau keadaan suatu individu dalam komunitas dengan tidak buang air besar sembarangan, pembuangan kotoran atau tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa.

Agar usaha tersebut berhasil, maka akses masyarakat pada jamban sehat harus tercapai pada seluruh komunitas. Salah satu karakteristik daerah telah ODF masyarakat telah BAB hanya di jamban dan membuang tinja/kotoran bayi hanya ke jamban, tidak terlihatnya tinja manusia dan tidak berbau di lingkungan sekitar serta ada peningkatan kualitas jamban sehat.

Selain mendapatan juara pertama katagori ODF, Kabupaten Cianjur juga mendapatkan juara pertama Tenaga Kesehatan Teladan katagori Bidan yaitu atas nama Gina Farida AM, Keb (Puskesmas Ciranjang) dan katagori Sanitarian sebagai juara pertama atas nama Rubi Gilang Purnama, SKM.(Puskesmas Cipanas).

”Pemerintah Kabupaten Cianjur bangga dengan torehan dan prestasi yang diraih, hal ini menambah koleksi prestasi bagi Kabupaten Cianjur sebagai Cianjur Jago, Cianjur unggul dalam segala bidang. Selamat kepada para juara dan penerima penghargaan dan Selamat untuk Cianjur. Cianjur Jago,” ujar Bupati Cianjur Irvan Rivano Muchtar melalui Humas Setda Cianjur. (radar cianjur/jun)


ODF adalah kondisi atau keadaan suatu individu dalam komunitas dengan tidak buang air besar sembarangan.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News