Inilah Kesan Bu Mega tentang KH Hasyim Muzadi

Inilah Kesan Bu Mega tentang KH Hasyim Muzadi
Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wafatnya Kiai Hasyim Muzadi meninggalkan duka mendalam di benak Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Presiden RI Kelima itu menyebut sosok Kiai Hasyim telah menyuguhkan wajah Islam yang teduh.

"Beliau sosok yang mampu menciptakam suasana damai di tengah berbagai perbedaan. Selain dikenal pandanganya yang  moderat, toleran dan penuh welas asih, Kiai Hasyim juga mampu menjadikan diri beliau sebagai jembatan persaudaraan umat beriman,” ujar Megawati dalam siaran pers ke media, Kamis (16/3).

Megawati meyakini pandangannya soal Kiai Hasyim juga dirasakan tokoh lainnya. “Berbagai tokoh agama dan kepercayaan merasakan kebijaksanaan beliau," tuturnya.

Inilah Kesan Bu Mega tentang KH Hasyim Muzadi

Megawati Soekarnoputri dan KH Hasyim Muzadi. Foto: dokumen JPNN.Com

Megawati dan Kiai Hasyim memang punya ikatan batin. Keduanya pernah bertandem pada Pemilu Presiden 2004.

Putri Proklamator RI Bung Karno itu bahkan menyebut Kiai Hasim sebagai sahabat sejati. "Kami terus menjaga persahabatan dan sering menghadiri acara yang digagas beliau,” tutur Megawati.

Lebih lanjut Megawati menceritakan pengalamannya ketika harus mengajak Hasyim ikut menyelesaikan ketegangan bernuansa agama di Thailand Selatan. Megawati saat menjadi presiden memang pernah dimintai tolong oleh Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra terkait persoalan konflik bernuansa agama di Negeri Gajah Putih itu.

Wafatnya Kiai Hasyim Muzadi meninggalkan duka mendalam di benak Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Presiden RI Kelima itu menyebut

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News