Inilah Mengapa Otot Sakit Setelah Minum Alkohol

Inilah Mengapa Otot Sakit Setelah Minum Alkohol
Pesta Minuman Beralkohol. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Nyeri pada otot setelah minum alkohol ternyata umum dialami sebagian orang. Seiring dengan sakit kepala yang brutal, mual, dan kecemasan, mabuk juga bisa menyebabkan nyeri otot.

Jadi, bagaimana minum terlalu banyak menyebabkan rasa sakit yang menyeluruh ini?

"Dehidrasi yang dipasangkan dengan ketidakseimbangan elektrolit bisa menjadi salah satu alasan di balik rasa sakit ini," kata Dr. Audrey Sue Cruz, MD, seorang ahli rumah sakit di Pusat Medis Universitas Loma Linda, seperti dilansir laman MSN, Kamis (26/12).

"Alkohol menyebabkan tubuh meningkatkan keluaran urinnya melalui hormon antidiuretik, menyebabkan ginjal meningkatkan produksi urin," jelas Dr. Cruz.

Jadi, meskipun seseorang mungkin minum alkohol dalam jumlah besar, tubuh mereka kehabisan air dan elektrolit penting termasuk kalium, kalsium, magnesium, dan natrium."

"Berkeringat, muntah, dan diare juga bisa terjadi selama mabuk dan bisa membuat dehidrasi bertambah buruk," tambah Dr. Cruz.

Daniel Kim, DO di Kantor Medis Manhattan, menambahkan bahwa rasa sakit adalah gejala mabuk umum, terutama jika Anda tidak minum cukup air setelah minum alkohol.

Asam laktat juga merupakan faktor potensial di balik nyeri otot setelah minum di malam hari, karena konsumsi alkohol bisa menyebabkan gangguan ringan dengan pemecahan asam laktat, yang bisa memperburuk rasa sakit setelah minum di malam hari.

Seiring dengan sakit kepala yang brutal, mual, dan kecemasan, minum alkohol juga bisa menyebabkan nyeri otot.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News