Inilah Nama-nama Calon Pengganti Komjen Anang Iskandar

Inilah Nama-nama Calon Pengganti Komjen Anang Iskandar
ILUSTRASI. FOTO: DOK.JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA – Anang Iskandar akan pensiun dari jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri. Sejumlah nama calon pengganti orang nomor satu di badan berlambang busur panah mulai bermunculan.

Tak hanya dari jenderal bintang tiga, sejumlah nama perwira tinggi berpangkat inspektur jenderal atau bintang dua juga mulai bermunculan.

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan mengungkapkan sejumlah nama jenderal bintang dua akan masuk dalam radar dewan jabatan dan kepangkatan tinggi Polri.

“Biasanya Wanjakti Polri mengusulkan dua atau tiga nama untuk disetujui atau dipilih presiden sebagai Kabareskrim,” kata Edi saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (19/5).

Nama-nama itu antara lain Deputi Bidang Pemberantasan Badan Narkotika Nasional Irjen Arman Depari, Kapolda Metro Jaya Irjen  Moechgiarto, dan Gubernur Akademi Kepolisian Irjen Anas Yusuf.

“Mereka termasuk Arman Depari apabila diusulkan dan ditetapkan oleh presiden dan Kapolri, saya kira pantas dan layak saja,” kata mantan Komisioner Kompolnas ini.

Arman Depari merupakan salah seorang Pati Polri yang karirnya cukup moncer. Arman memiliki karir gemilang di bidang reserse. Jebolan Akademi Kepolisian 1985 ini pernah mengemban jabatan strategis yang berhubungan dengan dunia reserse. Misalnya, Wadir Reskrim Polda Sumatera Utara, Kepala Densus 88 Polda Sumut, Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri.

Bahkan, pria kelahiran Berastagi, Karo, Sumatera Utara 1 Agustus 1962 ini pernah menjabat Kapolda Kepulauan Riau sebelum dipercaya menjadi Deputi Pemberantasan Narkoba BNN. Hanya saja, Edi belum bisa memastikan siapa jenderal bintang dua yang akan disetujui presiden menjabat Kabareskrim.

JAKARTA – Anang Iskandar akan pensiun dari jabatan Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Mabes Polri. Sejumlah nama calon pengganti orang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News