Inilah Penyebab Brexit Macet Parah versi Kang Akom

Inilah Penyebab Brexit Macet Parah versi Kang Akom
Ketua DPR Ade Komarudin di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/7) usai memantau arus mudik dari udara menggunakan helikopter. Foto: Fathan Sinaga/JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Ketua DPR Ade Komarudin dan Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto memantau situasi arus mudik menggunakan helikopter di sepanjang jalur Pantura, Tol Cipali dan Tol Pejagan-Brebes Timur, Senin (4/7). Akom -sapaan Ade- mengatakan, meski masih terjadi kemacetan parah di sejumlah titik, namun Polri sudah bekerja maksimal dalam menangani arus mudik.

Namun, khusus untuk pintu keluar tol Brebes Timur atau yang kini dikenal dengan sebutan Brexit memang ada kemacetan parah. Penyebabnya adalah penyempitan dan pertemuan jalur yang sama-sama mengarah ke timur.

"Di situ padat sekali, sedangkan antrean panjang, di bahu jalan. Nah di luar juga, begitu mereka keluar dari sana, kendaraan juga menumpuk," kata Akom di di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (4/7).

Ia menjelaskan, ada beberapa penyebab kemacetan di Brebes Timur. Pertama adalah banyaknya pemudik yang mengantre di rest area tol Brebes Timur, sehingga mengakibatkan penyempitan jalur.

Kedua, lanjut Akom, hanya ada lima loket pembayaran di pintu keluar tol Brebes Timur. Padahal, volume kendaraan dari arah barat  dalam jumlah besar sehingga antrean saat membayar pun menjadikan kemacetan semakin panjang.

"Di pintu tol di Cikarang Utama ada 35 pintu. Di sana (Brebes Timur, red) cuma lima pintu. Begitu keluar dari sana ada satu titik dari arah Pantura yang dari sini padat, dari arah Pantura juga padat," paparnya.

Ketiga, sambung Akom, pemudik yang baru saja keluar dari pintu Brebes Timur langsung berhadapan dengan titik-titik oemberhentian. Antara lain persimpangan yang masuk ke jalur Pantura, perlintasan kereta api yang setiap 20 menit ditutup, serta antrean di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU).

Hal itulah yang menyebabkan kemacetan di tol Brebes Timur. Untuk solusi ke depan, kata Akom, sebaiknya ada fly over di atas jalur rel KA bagi kendaraan yang keluar dari pintu Brebes Timur.

JAKARTA - Ketua DPR Ade Komarudin dan Kakorlantas Polri Irjen Agung Budi Maryoto memantau situasi arus mudik menggunakan helikopter di sepanjang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News