Inilah Peta Pengkubuan Berdasar Jumlah Anggota DPR yang Hadiri Paripurna

Inilah Peta Pengkubuan Berdasar Jumlah Anggota DPR yang Hadiri Paripurna
Inilah Peta Pengkubuan Berdasar Jumlah Anggota DPR yang Hadiri Paripurna

jpnn.com - JAKARTA - Sekitar pukul 15.20 WIB, sidang paripurna DPR RI dengan agenda pengesahan RUU Pilkada akhirnya dimulai. Sidang ini dihadiri 496 dari 560 anggota DPR RI periode 2009-2009.

Berdasarkan data absensi, anggota Fraksi Partai Demokrat tercatat paling banyak hadir dengan 129 orang. Diikuti Fraksi Golkar dengan 94 orang, Fraksi PDI Perjuangan 90 orang, Fraksi PKS 55 orang, Fraksi PAN 42 orang, Fraksi PPP 33 orang, Fraksi PKB 21 orang, Fraksi Gerindra 22 orang dan Fraksi Hanura 10 orang.

Seperti diketahui, dalam pembahasan RUU Pilkada ini fraksi-fraksi di DPR RI terbagi menjadi tiga kubu.

PDIP, PKB dan Hanura tegas mendukung pemilihan kepala daerah secara langsung. Berdasarkan absensi, jumlah anggota kubu pendukung pilkada langsung yang hadir dalam sidang adalah 121 orang.

Di sisi lain, ada Golkar, PKS, PAN, PPP dan Gerindra yang menginginkan mekanisme pemilihan oleh DPRD. Total 246 orang anggota fraksi-fraksi tersebut yang hadir dalam sidang.

Sementara, Fraksi Partai Demokrat yang 129 anggotanya hadir dalam sidang hari ini, memilih pilkada langsung dengan syarat-syarat tertentu.

Jika syarat-syarat yang mereka ajukan tidak diakomodir, fraksi pimpinan Nurhayati Asegaf ini mengancam untuk abstain. (dil/jpnn)

Berikut peta kekuatan kubu-kubu dalam sidang paripurna RUU Pilkada berdasarkan absensi :

JAKARTA - Sekitar pukul 15.20 WIB, sidang paripurna DPR RI dengan agenda pengesahan RUU Pilkada akhirnya dimulai. Sidang ini dihadiri 496 dari 560

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News