Inilah Profil Bupati Sabu Raijua yang Berstatus Warga Amerika

Inilah Profil Bupati Sabu Raijua yang Berstatus Warga Amerika
Profil Bupati Sabu Raijua Orient P Riwukore. Foto: BB2.KWK/ngopibareng

jpnn.com, SABU RAIJUA - Bupati terpilih Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT), Orient P Riwukore disebut ternyata masih berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat (AS).

Status Orient P. Riwukore sebagai warga negara Amerika Serikat baru diketahui Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sabu Raijua, usai Orient dan pasangannya ditetapkan sebagai pemenang Pilkada Serentak 2020.

Bawaslu Sabu Raijua berupaya mencari tahu kebenaran tersebut. Mereka pun mencoba meminta kejelasan ke Direktorat Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

"Sampai dengan terakhir di bulan Januari (2021), kami tidak mendapatkannya," ucapnya.

Yudi dan jajarannya mencoba bertanya ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta sejak Januari 2021. Namun, Kedubes AS baru menjawab lewat surat resmi awal Februari 2021.

"Dari hasil jawaban itu, kami tidak bisa berbuat banyak karena proses telah berlangsung, penetapan sudah berlalu," ucapnya.

Bawaslu Sabu Raijua mengirim laporan ke Bawaslu NTT dan Bawaslu RI. Mereka menyerahkan kelanjutan kasus ini ke tingkat nasional. Kedubes AS di Jakarta belum mengonfirmasi salinan surat terkait kewarganegaraan Orient.

Orient mencalonkan diri sebagai Bupati Sabu Raijua pada Pilkada 2020 bersama Thobias Uly. Pasangan Orient-Tobias diusung oleh Partai Demokrat dan PDIP.

Bupati Sabu Raijua berstatus warga negara Amerika dan baru diketahui setelah selesai pilkada.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News