Inilah Sinyal dari Pak Jokowi soal Ide PNS Dirasionalisasi

Inilah Sinyal dari Pak Jokowi soal Ide PNS Dirasionalisasi
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi menyatakan, rencana merumahkan sejuta pegawai negeri sipil (PNS) melalui rasionalisasi masih sebatas konsep. Sebab, keputusan akhirnya ada pada Presiden Joko Widodo.

"Yang pasti ini baru tingkat pembahasan konsep di KemenPAN, belum diputuskan pemerintah atau pun belum mendapat persetujuan presiden," ujarnya di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (8/6).

Menurutnya, konsep itu sudah dibuat sejak lama. Namun, memang belum sampai penyampaian pembahasan di rapat kabinet.

"Kita bahas ini sudah lama, sudah cukup komperehensif, lintas fraksi, tinggal dilaporkan," katanya. ‎

Kendati demikian Yuddy menegaskan, sudah ada sinyal dari Jokowi -sapaan Joko Widodo- agar para PNS bisa pensiun secara normal. Dengan demikian tidak menimbulkan goncangan.

Karenanya Yuddy akan mengikuti apa pun keputusan presiden, apakah memangkas jumlah PNS melalui rasionalisasi, atau menggunakan pola alami. Sebab, katanya, KemenPAN-RB hanya menjalankan peringah presiden.

“Kalau kata presiden alamiah, ya sudah alamiah. Berarti moratorium diperpanjang. Itu sudah cukup perbaiki. Tapi kalau mau progresif, tentu konsep kita tawarkan‎," pungkansya. (dna/JPG/ara/jpnn)
‎‎

 


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News