Inilah Skenario PAN untuk Tiga Pilgub di Pulau Jawa

Inilah Skenario PAN untuk Tiga Pilgub di Pulau Jawa
Yandri Susanto. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) akan fokus menggarap daerah-daerah di Pulau Jawa yang menggelar pilakda pada 2018 mendatang. Partai pimpinan Zulkifli Hasan itu menargetkan bisa memenangi pemilihan gubernur Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.


Menurut Ketua DPP PAN Yandri Susanto, partainya sudah menimbang-nimbang partai lain untuk menjadi mitra koalisi. Sejauh ini, PAN merasa sreg untuk berkoalisi dengan Partai Gerindra dalam pemilihan gubernur Jawa Barat.

"Walau masih wacana, PAN kemungkinan besar akan koalisi dengan Gerindra. Dengan partai lain masih kami jajaki," ujar Yandri.

Khusus Jabar, PAN sudah punya nama untuk diusung. Antara lain Wagub Jabar Deddy Mizwar, Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, anggota Fraksi PAN Desi Ratnasari dan Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiharto.

PAN pun masih menghitung peluang Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi jika diusung sebagai calon gubernur. Namun, partai yang pernah dipimpin Amien Rais itu berupaya menempatkan kadernya sebagai calon wakil gubernur.
“Antara Desi Ratnasari atau Bima Arya," ucapnya.

Sedangkan untuk Jatim, kemungkinan jago PAN adalah Khofifah Indar Parawansa atau Saifullah Yusuf. Yandri mengatakan, PAN sudah berkomunikasi dengan kedua tokoh itu.

PAN bahkan sudah mnjalin komunikasi dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). “Sering ketemu sama Cak Imin (Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar)," sebut Yandri.

Di Jawa Tengah, PAN melirik Marwan Jafar. "Wakilnya kita dorong dari PAN. Ada beberapa di situ. Kita tetap prinsipnya itu kader," tegasnya.

Partai Amanat Nasional (PAN) akan fokus menggarap daerah-daerah di Pulau Jawa yang menggelar pilakda pada 2018 mendatang. Partai pimpinan Zulkifli

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News