Inilah Wasiat Kiai Hasyim Muzadi...

Inilah Wasiat Kiai Hasyim Muzadi...
Para santri di Ponpes Alhikam, Depok, Jawa Barat saat sedang menyiapkan makam untuk almarhum KH Hasyim Muzadi, Kamis (16/3). Foto: Desynta Nuraini/JawaPos.Com

jpnn.com, DEPOK - Para santri Pondok Pesantren Alhikam, Depok, Jawa Barat tengah menyiapkan liang pemakaman sebagai tempat peristirahatan terakhir Almarhum KH Hazyim Muzadi. Makam untuk Kiai Hasyim terletak tak jauh dari Masjid Alhikam di kompleks pondok pesantren yang dikelolanya.

Rencananya, mantan ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu akan dimakamkan pada sore hari nanti. "Wasiatnya ingin dimakamkan di sini," ujar sopir pribadi Hasyim, Faizin yang bertugas mengawasi kesiapan pemakaman di Pondok Pesantren Alhikam II, Beji, Depok.

Faizin menuturkan, makam untuk Kiai Hasim memang yang pertama di kompleks Ponpes Alhikam. Selanjutnya, lokasi yang sama akan menjadi makam keluarga.

"Ini makam pertama. Nanti rencananya buat keluarga Abah (panggilan akrab Kiai Hasyim, red),” sebutnya.

Inilah Wasiat Kiai Hasyim Muzadi...

Personel TNI sedang menyiapkan tenda untuk prosesi pemakaman KH Hasyim Muzadi. Foto: Desynta Nuraini/JawaPos.Com

Merujuk jadwal prosesi pemakaman, jenazah Kiai Hasyim akan diberangkatkan dari Malang menuju Lanud Halim Perdanakusuma sekitar pukul 13.00. Selanjutnya, jenazahnya akan langsung dibawa ke Ponpes Alhikam, Depok.

Sejumlah personel TNI terlihat sedang menyiapkan tenda untuk upacara pemakaman bagi Kiai Hasyim. Wakil Presiden Jusuf Kalla akan bertindak sebagai inspektur upacara.(dna/JPG)


Para santri Pondok Pesantren Alhikam, Depok, Jawa Barat tengah menyiapkan liang pemakaman sebagai tempat peristirahatan terakhir Almarhum KH Hazyim


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News